Asopssurta Danpushidrosal Serahkan Peta Laut Sultra

  • Bagikan
Pj Sekda Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio, M.Hum., Ph.D saat menerima kunjungan secara langsung Asisten Operasi Survei dan Pemetaan Danpushidrosal, Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin MSc di Kendari, Jumat (22/7).

* Asrun Lio Apresiasi Pushidrosal yang Terus Berkontribusi Nyata Dalam Bidang Hidrografi

KENDARI, rakyatsultra.com – Mewakili Gubernur, Pj Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara Drs Asrun Lio, M.Hum., Ph.D menerima secara langsung kunjungan Asisten Operasi Survei dan Pemetaan (Asopssurta) Danpushidrosal, Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin MSc di Kendari, Jumat pekan lalu (22/7).

Dalam kunjungan tersebut, Pj Sekda Provinsi Sultra menerima peta laut yang diserahkan oleh Asopssurta Danpushidrosal, yang didampingi oleh Paban Latkol Pelaut, Priyono Dwi Saputro, Danlanal Kendari, Kolonel Pelaut, Iwan Iskandar, dan Dan Unit Survei, Mayor Laut Pelaut, Amiranto.

Melihat hasil peta laut Provinsi Sultra, Asrun Lio mengungkapkan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Pushidrosal, karena terus berkarya dan berkontribusi nyata dalam bidang Hidrografi nasional bahkan hingga ke daerah termasuk Provinsi Sultra.

“Peta laut wilayah Sultra yang diserahkan ini sangat dibutuhkan, mengingat sebagian wilayah kita berupa kepulauan dan laut sebagai penghubungnya. Terlebih, peta laut ini sangat berbeda dengan peta darat karena terdapat kekhususan yang harus dituangkatkan ke dalam gambar. Jika tidak, maka bisa berbahaya terhadap perencanaan pembangunan yang akan dilakukan di wilayah kelautan di Sultra, termasuk juga bisa berbahaya bagi para pelayar kita, mengingat peta ini sebagai petunjuk,” ucap Akademisi Asal Bombana Moronene ini.

Lulusan S3 The Australian National University Canberra ini mengatakan, terkait kegiatan pembangunan yang dilakukan Provinsi Sultra, khususnya berkaitan dengan wilayah kelautan, Pemprov Sultra melalui Bapak Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH, tetap mengutamakan koordinasi dan melibatkan pihak berkompeten, misalnya pembangunan Jalan Kendari-Toronipa mendapatkan bantuan analisa dari pihak Lanal Kendari, termasuk harus mendapatkan izin karena pembangunan jalan tersebut melintasi wilayah pangkalan Lanal Kendari.

“Melalui kesempatan ini, kami selaku Pemrov Sultra mengucapkan terimakasih kepada jajaran Angkatan Laut kita, karena turut mendukung program-program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah termasuk di wilayah Sultra. Penyerahan peta laut ini juga merupakan salah satu bentuk kerjasama kita bersama Lanal Kendari yang berkaitan dengan penanganan teritorial laut kita. Semoga ini terus terjalin guna mendukung tercapainya pembangunan daerah menuju pembangunan nasional yang dilakukan secara bersama-sama,” harap Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini.

Terkait kunjungan langsung yang dilakukan  Asopssurta Danpushidrosal, Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin MSc di Kendari, mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini mengungkapkan bahwa hal tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian pihak Pushidrosal dalam mendukung pembangunan nasional yang juga terlaksana di Provinsi Sultra. Dimana perhatian tersebut diantaranya diwujudkan dalam pembangunan infrastruktur data spasial nasional, salah satunya penyajian peta laut.

“Kita tahu bersama bahwa Hidrografi merupakan bidang ilmu tentang pemetaan laut dan pesisir. Dan hasilnya juga bisa dipakai untuk referensi khusus tujuan navigasi termasuk perencanaan pembangunan. Sedangkan Pushidrosal merupakan lembaga Hidrografi Nasional yang telah berkontribusi banyak pada bidang hidrografi bahkan sejak masa Hindia Belanda. Jadi perannya dalam mendukung pembangunan nasional termasuk pertahanan negara tidak diragukan lagi, mulai dari sebagai dasar diplomasi batas maritim, yurisdiksi NKRI kita, pemberian perlindungan lingkungan laut, dan masih banyak lagi,” papar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra ini.

Dia pun berharap melalui kolaborasi tersebut, pemerintah bersama Pushidrosal dan berbagai pihak terkait lainnya dapat mewujudkan pembangunan nasional Indonesia menuju poros maritim dunia.(RS)

  • Bagikan