Pemkab Konut Target Predikat Pratama KLA

  • Bagikan
Foto bersama tim pengurus Forum Anak di Aula Hotel Oheo.

WANGGUDU – Pengurus Forum Anak tingkat kecamatan dan kabupaten se- Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), periode 2022-2024 resmi dikukuhkan, bertempat di Aula Hotel Oheo. Kamis (16/6).

Kegiatan yang dibidangi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Konut ini, turut dihadiri langsung tim dari provinsi, Asisten lll mewakili Bupati Konut, Forkopimda, Pemerintah Kecamatan, dan para siswa-siswi sekolah. Dalam acara itu, juga dilakukan sosialisasi pembentukan forum anak.

Mewakili sambutan Bupati Konut, Ruksamin, Asisten lll Setda Konut, La Ondjo menyampaikan, apresiasi atas suksesnya pengukuhan dan pelantikan pengurus forom anak tingkat kabupaten dan Kecamatan.

Kegiatan tersebut, dinilai memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang generasi penerus bangsa dalam memberikan perlindungan, agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak mental dan jiwa perkembangan anak. Selain itu, mendukung percepatan daerah Konut sebagai kota layak anak.

“Anak memiliki hak untuk peroleh jaminan hidup yang layak sebagaimana diatur dalam undang-undang perlindungan anak. Olehnya itu, terbentuknya forum anak ini menjadi peran kita semua untuk bersama-sama mewujudkan Konawe Utara sebagai Kota Layak Anak,” katanya.

Mantan Kadis Perindag Konut ini menyampaikan, perkembangan era globalisasi saat ini saat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Tak sedikit yang terjerumus ke hal-hal negatif, karena minimnya pengawasan, pemahaman dan pengetahuan tentang teknologi.

“Olehnya itu, saya berharap mewakili pemerintah agar terbentuknya forum anak ini bukan hanya sekedar mengugurkan kewajiban, tapi benar-benar dilaksanakan dengan baik untuk menciptakan anak bangsa yang berkualitas dan sejahtera,” ucapnya.

Kepala Dinas PPPA Konut, Sarlina menuturkan, tujuan dibentuknya forum anak tingkat kabupaten dan kecamatan adalah sebagai pusat informasi membentuk anak yang berkualitas.

“Masih ada beberapa item indikator penilaian yang tengah proses, salah satunya perturan daerah tentang KLA. Target kami tahun depan, 24 indikator penilaian sudah bisa terpenuhi sehingga Konawe Utara mendapat predikat Pratama KLA,” ungkapnya dengan nada optimis.

Untuk diketahui Dinas PPPA Konut yang dipimpin Sarlina sukses membawa program Kota Layak Anak (KLA) Konawe Utara lebih baik, maju dan berkembang. Terbukti, program KLA di Bumi Oheo itu naik peringkat dari sebelumnya urutan ke-13, saat ini melambung jauh naik urutan ke-5 dari 17 Kabupaten/Kota se-Sultra.(P3/HDI)

  • Bagikan