59 Kelompok Tani Dapat Bibit Kopi Robusta

  • Bagikan
Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Bombana, Rimbu.

RUMBIA – Dinas Pertanian Kabupaten Bombana membantu 59 kolompok petani kopi yang tersebar di 14 kecamatan. Jenis bibit kopi yang dibantukan yakni kopi robusta.

Kecamatan yang yang mendapatkan bantuan yakni  Poleang, Poleang Tengah, Poleang Timur, Poleang Selatan, Poleang Barat, Poleang Utara, Rarowatu, Rarowatu Utara, Matausu, Tontonunu, Kabaena, Kabaena Timur, Kabaena Tengah dan Kabaena utara.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Bombana, Rimbu mengatakan, 59 kelompok tani ini memiliki luas lahan kurang lebih 510 hektar dengan jumlah bibi yang diturunkan 561.000 bibit pohon kopi.

“Untuk mendapatkan bantuan tersebut setiap kelompok tani mengajukan proposal bantuan, dan mencantumkam luas lahan yang siap ditanami kopi, ” tuturnya.

Rimbu menjelaskan, pihaknya memberikan bantuan bibit kopi karena setelah melihat hasil panen kakao yang semakin tahu makin menurun. Untuk itu perlu ada upaya lain dari pemerintah daerah agar hasil komoditi di daerah tetap bertahan dan meningkat.

” Sehingga pemerintah memberikan bibit pohon kopi beserta pupuk serta obat pembasmi hama kepada kelompok tani untuk mempertahankan komoditi, selain dari itu nilai jual kopi cenderung stabil dan selalu mengalami kenaikan harga bahkan pasarannya jelas, ” ujarnya.

Tambahnya, tanaman kopi memiliki masa panen tidak cukup lama yakni 14 Bulan jadi tidak butuh waktu lama untuk hasil kopi ini. (DIN/HDI)

  • Bagikan