Pameran HUT Sultra Gerakkan Roda Ekonomi

  • Bagikan
Penutupan pameran pembangunan memperingati HUT Sultra.


BAUBAU – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), ALi Mazi resmi menutup kegiatan Pameran Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Tapak Tilas Oputa Yi Koo 2022 yang diselenggarakan di Kota Baubau, Sabtu malam (28 Mei 2022).

Penutupan kegiatan dalam rangka peringatan HUT Sultra ke-58 ini dihadiri juga oleh Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh dan sejumlah anggota DPRD, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse selaku tuan rumah, sejumlah bupati, dan jajaran kepala OPD lingkup pemprov dan kabupaten/kota se-Sultra.

Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi mengakui antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dengan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 15 ribu orang.

Bahkan, selama pameran berlangsung sejak dibuka pada tanggal 22 Mei 2022 lalu, turut menggerakkan roda perekonomian masyarakat, dengan nilai transaksi sekitar Rp 1 miliar.

Selain kegiatan yang berdimensi ekonomi, pameran ini juga menghadirkan layanan publik dan pemerintahan, di antaranya layanan kependudukan, kesehatan, samsat, kemasan produk UMKM, dan layanan laporan administrasi pembangunan.

Gubernur juga menyampaikan terkait pelaksanaan perlombaan dalam Tapak Tilas Oputa Yi Koo 2022. Bahwa khusus perlombaan berjalan kaki, secara rasional adalah mustahil untuk menelusuri rute yang persis sama pada ruang dan waktu seperti yang telah dilakaukan oleh Oputa Yi Koo pada masa silam.

“Karena itulah, lomba tapak tilas dilakukan lebih pada upaya menghampiri pengalaman yang pernah dilaluinya dalam perjuangan melawan kezaliman, penindasan, dan ketidakadilan kaum penjajah,” kata Gubernur.

Ditambahkan, tanpa bermaksud menghilangkan esensi dari makna perjuangan yang sesungguhnya, maka penyederhanaan lintasan lomba, diharapkan tidak mereduksi penghayatan dan pemaknaan luhur dari nilai-nilai heroisme Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi.

Secara khusus, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana yang dipimpin oleh Pj Sekda Provinsi Asrun Lio, Biro Pembangunan Setda Sultra yang mengkoordinir kegIatan pameran, Pemerintah Kota Baubau sebagai tuan rumah, dan Pemerintah Kabupaten Buton atas dukungannya dalam penyelenggaraan napak tilas.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh peserta yang berpartisipasi, seluruh petugas keamanan dan ketertiban TNI/Polri dan Satpol PP.

“Sampai jumpa pada event daerah Sultra lainnya, dengan terus menggelirakan semangat Bangga Menjadi Masyarakat Sultra, Bangga Membangun Daerah untuk Sultra Masa Depan Indonesia,” tutup Gubernur.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi stand pameran terbaik (tingkat OPD pemprov dan tingkat pemerintah kabupaten/kota) dan juara napak tilas. Untuk stand pameran tingkat OPD terbagi menjadi tiga kategori, yakni bidang layanan publik, bidang ekonomi, dan bidang sosial dan pembangunan.

Kategori bidang layanan publik masing-masing juara I, II, dan III sEcara bderturut-turut adalah Rumah Sakit Bahteramas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Dinas Penanaman Modal Daerah Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Juara kategori bidang ekonomi diraih Dinas Perindustrian dan Perdagangan (JUara I), Dinas Pariwisata (Juara II), dan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Juara III).

Adapun juara pada bidang sosial dan pembangunan, masing-masing diraih Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang (Juara I), Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Juara II), dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (Juara III).

Stand terbaik untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota masing-masing diraih oleh Kabuapten Wakatobi (Juara I), Kolaka Timur (Juara II), Konawe Utara (Juara III), MUna (Juara IV), KOnawe Kepulauan (Juara V), dan Kota Baubau (Juara VI).

Adapun lomba-lomba dalam rangka Napak Tilas Oputa Yi Koo, untuk kategori kelompok favorit dimenangkn oleh Kolopua Team, Kategori Yel-Yel diraih masing-masing oleh SMAN 5 Baubau (Juara I), Mapala UMB I (Juara II), dan SMAN I Kadatua (Juara III).

Sedangkan untuk juara umum tapak tilas diraih oleh Tim Veres (Juara I), Tim Beloka (Juara II), dan Tim STKIP Bersama (Juara III). Kegiatan tapak Tilas ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dari seluruh Indonesia.

Rangkaian penutupan kegiagan ini juga dimeriahkan oleh band legendaris asal ibukota, Tipe X. (RLS/HDI)

  • Bagikan