Jelang Pilkades, Balon Kades Ikuti Tes Tertulis

  • Bagikan
Tes tertulis yang disenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Selatan yang diikuti sejumlah calon kepala desa pada pemilihan kepala desa 22 Mei.

ANDOOLO – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Konawe Selatan bakal digelar 22 Mei mendatang.
Panitia Pilkades Kabupaten menggelar tes tambahan tertulis bagi jumlah bakal calon lebih dari lima orang pendaftar dalam satu desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Anas Mas’ud menegaskan pilkades serentak di Konawe Selatan sementara memasuki tahapan jadwal seleksi tertulis bagi balon kepala desa yang memiliki lebih dari lima orang calon di Desa tersebut.

“Pelaksanaan tes terlulis dilaksanakan hari ini, Kamis (5/5/ 2022), diikuti Lima desa, yakni, Desa Tanjung Tiram dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Moramo Utara. Desa Rakawuta Kecamatan  Mowila. Desa Leleka dan Desa Ranowila Kecamatan Wolasi dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang,” terang Anas.

Anas menyampaikan untuk tahapan tes tertulis itu tim panitia Pilkades Kabupaten menggadeng Akademisi yakni dari tim psikologi Awareness Development of Psikologi (ADP) hal itu untuk mengukur beberapa aspek kemampuan bakal calon kepala desa tersebut.

“Aspek yang dimaksud yaitu, kepemimpinan, sikap kerja, kepribadian dan intelegensi,” katanya.

Pelaksanaan tes kata Anas berlangsung selama satu hari di Aula DPMD Konsel disaksikan langsung oleh panitia Pilkades Desa masing-masing.

“Setelah tes hari ini langsung diberikan hasilnya kepada panitia Pilkades Kabupaten dan panitia Pilkades Desa, agar tahapanya dilanjutkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” jelas Anas.

Sementara itu ketua Tim Tes Psikologi Astri Yunita, S.Psi., M.Psi, mengatakan bahwa pelaksanaan tes dilaksanakan dengan berpedoman kepada kaidah kaidah akademik sehingga hasilnya diharapkan dapat membantu merekomendasikan bakal calon yang memiliki kemampuan lebih.

“Dari 5 calon yang akan direkomendasikan tentunya secara akademik dapat di pertanggungjawabkan hasilnya dan bermanfaat pada saat melaksanakan tugas sebagai kepala desa apabila terpilih nanti,” singkatnya.(RAM/HDI)

  • Bagikan