Ketua KKSS Sultra Sholat Jumat di Masjid Wuna Kota Lama

  • Bagikan

RAHA – Kunjungan perdana Mantan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin yang juga sebagai Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Sultra Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka beserta rombongan di Bumi Sowite mendapat antusias yang luar biasa dari warga perantau asal Sulsel di Pelabuhan Nusantara Kota Raha, Jumat (22/4/2022).

Setibanya di Kota Raha, ASR sapaan akrab Andi Sumangerukka beserta rombongan melanjutkan perjalanan dengan menempuh kurang dari 17 kilometer dari Kecamatan Katobu, atau lebih dari satu jam dari Kota Raha menuju Masjid tertua yang berada di Kabupaten Muna Kecamatan Tongkuno.

Masjid tua yang bernama Masjid Al Munajat, konon berdiri sejak tahun 1716 ada di Tongkuno dengan ukuran 16X10 meter.

Di Masjid yang dibangun pada masa pemerintahan La Titakono sebagai Raja Muna X pada abad ke- 16 itu, ASR beserta rombongan melaksanakan sholat Jumat.

ASR bersila diapit imam Masjid Al Munajat yang masing-masing menggunakan jubah putih dengan imamah putih di kepala.

ASR pun menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran imam masjid yang menyambut dengan hangat kehadirannya untuk shalat Jumat

“Ini adalah kunjungan perdana setelah saya pensiun dari Panglima. Insya Allah silaturrahmi ini akan tetap berjalan begitu juga di Muna Barat,” katanya

Saat ini masjid tersebut yang dilindungi sebagai situs bersejarah dan menjadi kawasan wisata religi di kabupaten Muna.

Masjid tua yang biasa juga disebut “Masjid Wuna” hingga kini masih disakralkan itu memiliki beberapa simbol.

Di sudut bangunan terdapat empat buah tiang serta satu tiang penyanggah yang berada di tengah.

Kemudian, lima buah tiang adalah simbol salat lima waktu. Tak banyak ornamen-ornamen peninggalan kerajaan sebab masjid sudah direnovasi.

Seperti diketahui, kedatangan Ketua KKSS Sultra itu ternyata bukan hanya silaturahmi biasa, namun membantu sesama bagi warga yang kurang mampu atau membutuhkan dengan membagikan ribuan sembako kepada masyarakat Muna. (P2)

  • Bagikan