DLHK Kendari Siap Datangkan Dua Unit Mobil Penyapu Debu

  • Bagikan

Ilistrasi Mobil Penyapu Debu

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) tahun ini berkomitmen menuntaskan masalah kebersihan di Kota Lulo.

Keseriusan ini semakin matang. Pasalnya, tahun ini DLHK bakal mendatangkan dua unit Road Sweeper atau mobil penyapu jalan dengan harga fantastis.

“Tahun 2022 kita ada pengadaan mobil sweeper, mobil penyapu. Ada dua unit, Insyaallah dalam waktu dekat tinggal saya laporkan keatasan kemudian saya menyurat untuk dilelang supaya awal tahun itu sudah ada,” ungkap Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati, Selasa (18/1/2022).

Pengadaan mobil penyapu ini, menurutnya bisa mengatasi debu-debu, pasir, sampah-sampah lunak dan tanah yang menempel di badan jalan.

“Jadi nanti ini bisa mengisap debu-debu, tisu,  terus kan ini kebanyakan mobil-mobil ari luar kota itu kalau misalnya dari tempat yang agak berlumpur bertanah, nah itu kalau masuk dalam kota naik di aspal yang bersih kan melengket itu tanah-tanahnya. Nanti tanah itu kering itu berubah menjadi debu. Inilah yang biasa menumpuk sehingga merusak pemandangan, ” terang Nisma. 

Dirinya berharap petugas kebersihan yang setiap pagi harinya melakukan pembersihan jalan bisa mengangkat sampah yang tidak bisa terangkut oleh mobil penyapu jalan.

“Harapannya nanti penyapu mengangkat yang tidak bisa dihisap. Untuk satu mobil itu Rp 2,8 miliar. Jadi (dua unit, red) Rp 5,6 miliar,” pungkas mantan Kadis Pangan Kota Kendari ini. (r6/b/aji)

  • Bagikan