Mahasiswa Asal Laonti Konsel Resmi punya Asrama

  • Bagikan

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat meresmikan Asrama Mahasiswa Kecamatan Laonti.

ANDOOLO – Asrama mahasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa Kecamatan Laonti siap difungsikan pasca diresmikan oleh Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga ST MM, Senin (10/1/2022).

Asrama mahasiswa putra dan putri yang berkapasitas 32 kamar tersebut merupakan bantuan dari investor pertambangan nikel yang beroperasi di Kecamatan Laonti yakni PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS). Usai peresmian, PT GMS sekaligus menyerahkan sertifikat hak milik kepada pemerintah daerah sebagai aset pemerintah Kecamatan Laonti.

Direktur Utama PT GMS, Jiang Wang mengapresiasi pemerintah daerah Konsel kepada PT GMS. Dia berkata berinvestasi di Konsel selain mewujudkan kepentingan perusahaan, perlu memiliki rasa tanggung jawab dan kondisi sosial masyarakat Konsel sebagai bentuk kewajiban perusahaan.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM, menuturkan sebagai pribadi dan pemerintah daerah dirinya mengapresiasi PT GMS yang telah berkontribusi kepada masyarakat.

“Inilah menjadi program inti pemerintah daerah memberikan pelayanan kepada dunia usaha atau investasi begitu juga sebaliknya investor memberikan kontribusi kepada Sumber Daya Manusia (SDM) kita,” sambut Surunuddin.

Pasalnya, dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang terbatas sehingga SDM perlu di dorong mengingat SDA akan habis dan SDM tidak pernah habis. “Dengan adanya SDA kita manfaatkan sebaik baiknya dalam peningkatan SDM kita,” nilainya.

Dikesempatan itu, Surunuddin menyampaikan agar perusahaan dapat membantu nelayan di Kecamatan Laonti dengan pemberian alat tangkap. Mengingat masyarakat Kecamatan Laonti sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan.

Surunuddin berpesan hadirnya investor di Konsel untuk berinvestasi masyarakat perlu memberikan rasa kenyamanan.

“Konsel salah satu daerah terbesar di Sultra, harus kita ciptakan kenyamanan agar sumber daya alam kita dapat dikelola oleh investor dengan profesional. Bagaimana melancarkan kegiatan investasi di Konsel. Sebab, Multiefeknya adalah membuka lapangan kerja, pemberian bantuan sosial, ekonomi, begitupula dibidang pendidikan seperti saat ini,” ungkap orang nomor satu di Konsel ini.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo S.Sos M.Si menilai PT GMS adalah perusahaan yang baru berinvestasi di Konsel tetapi telah memberikan kontribusi nyata dibidang pendidikan seperti pembangunan asrama mahasiswa.

“Kita tidak bisa pungkiri kalau PT GMs belum setahun sudah banyak memberikan kontribusi, andaikan pemilik IUP lain yang sudah lama di Konsel bisa seperti ini saya kira kita bisa lebih maju dan berkembang,” ujar Irham.

Di Konsel, lanjut Irham, banyak pemilik IUP bukan saja pertambangan tetapi disektor perkebunan, andaikan mampu berkaca pada apa yang telah dilakukan oleh PT GMS maka mampu membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di semua sektor. (ram/aji) 

  • Bagikan