Demi Melestarikan Budaya dan Menjaga Persatuan, Pemkab Konawe Gelar Pawai Budaya Nusantara

  • Bagikan

Sekda Konawe, Ferdinand Sapan bersama para Paguyuban etnis Nusantara.

UNAAHA – Kantor Bupati  Konawe dipadati berbagai warga yang ikut nonton pawai budaya yang dihelat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe, Kamis (30/12/2021) sore.

Kegiatan pawai budaya tersebut diikuti puluhan paguyuban etnis yang ada di Kabupaten Konawe, baik etnis lokal Konawe maupun etnis dari luar Konawe.

Pawai budaya yang juga diikuti seluruh Camat SE Kabupaten Konawe itu mengambil rute dari depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe dan finis di halaman apel Pemkab Konawe di Kelurahan Inolobunggadue, Kecamatan Unaaha.

Pemkab Konawe melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe menggelar pawai budaya yang diikuti berbagai suku organisasi masyarakat dan paguyuban di wilayah Kabupaten Konawe.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan yang membacakan sambutan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, pawai budaya ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam menjaga adat dan budaya serta rasa persatuan di lingkup Konawe.

Menurut Ferdinand, keanekaragaman harus disyukuri karena selama ini semua etnis hidup berdampingan di Konawe dengan penuh kedamaian meski berbeda suku dan agama.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk mempererat hubungan silaturahim masyarakat dan memberikan peluang kepada semua etnis untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

“Ini akan menjadi upaya pemerintah dan masyarakat sebagai ekosistim kebudayaan dan garda terdepan memajukan kebudayaan daerah dan nasional,” katanya

Lanjut, agenda budaya yang harus dilaksankan bukan saja mulia, namun juga khas dan menarik yang menampilkan budaya lokal dan inovasi seni. Ia berharap, kegiatan pawai budaya ini akan menjadi magnet pemersatu bangsa dan tetap melestarikan budaya.

“Saya ingin menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada para budayawan serta kepada seluruh masyarakat Konawe atas peran sertanya dalam kegiatan kebudayaan daerah yang meriah dan penuh makna ini,” ungkapnya.

Usai membacakan sambutan Bupati Konawe, Ferdinand Sapan bersama Forkopimda dan paguyuban etnis melakukan penandatanganan pekan budaya deklarasi bersama cinta damai.

Untuk diketahui hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso, Kepala Kejaksaan Negeri Konawe Irwanuddin Tajuddin, Kepala Pengadilan Negeri Unaaha, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah para ASN lingkup Pemda Konawe dan para toko-toko agama dan budaya. (cr2/b/aji)

  • Bagikan