Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar,  Lebih Pilih yang Mana?

  • Bagikan

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah prabayar dan pascabayar, misalnya saja ketika membayar tagihan listrik. Namun, mungkin Anda masih bingung dengan perbedaan listrik prabayar dan pascabayar ini, misalnya saja terkait kapan tagihan listrik bisa dicek.

Menurut KBBI, prabayar adalah metode pembayaran yang dilakukan sebelum Anda menerima barang atau jasa. Di sisi lain, pascabayar adalah layanan komunikasi berlangganan di mana Anda membayar tagihan setiap bulan setelah menggunakan layanan tersebut.

Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan terkait perbedaan kedua istilah tersebut!

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan utama antara listrik prabayar dan pascabayar terletak pada metode pembayaran yang diterapkan. Sesuai namanya, “pascabayar” berarti pembayaran dilakukan setelah penggunaan, sedangkan “prabayar” berarti dibayar atau dibeli sebelum digunakan. Supaya lebih jelas, berikut perbedaan serta kelebihan kekurangan keduanya.

1. Listrik Prabayar

Layanan listrik prabayar menjadi pilihan yang dianggap dapat membantu masyarakat menghemat pengeluaran. Dengan sistem pulsa, pelanggan dapat membeli pulsa sesuai dengan kemampuan mereka untuk menggunakan listrik.

Setelah membeli pulsa sebagai metode pembayaran di awal, pelanggan akan menerima nomor token yang harus dimasukkan ke dalam alat meteran listrik. Jika prosesnya berhasil, pulsa akan bertambah, dan listrik pun dapat digunakan.

Metode ini memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mengontrol pemakaian listrik dengan lebih baik. Mereka bisa dengan mudah memantau sisa pulsa yang tersedia, sehingga dapat lebih bijak dalam berhemat.

Namun, risiko muncul jika pelanggan tidak cermat dan jarang mengecek sisa pulsa. Dalam keadaan seperti ini, listrik bisa tiba-tiba padam karena habis. Oleh karena itu, disarankan agar pelanggan secara rutin memeriksa sisa pulsa untuk menghindari ketidaknyamanan.

Adapun kelebihan listrik prabayar lainnya, diantaranya adalah tidak ada biaya keterlambatan dan bebas dari biaya beban bulanan. Sementara itu, kekurangan listrik prabayar diantaranya adalah alat meteran rentan rusak karena sering disentuh saat mengisi token.

Selain itu, Anda tidak dapat mengisi ulang pada waktu tertentu, yaitu antara pukul 23.00 hingga 02.00 WIB, serta adanya risiko listrik padam tiba-tiba jika pulsa habis tak terkontrol.

2. Listrik Pascabayar

Di sisi lain, layanan listrik pascabayar memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk menggunakan listrik sepuasnya selama satu bulan. Setelah periode tersebut, mereka akan menerima tagihan yang dihitung berdasarkan pemakaian listrik selama sebulan penuh.

Tanpa adanya batasan, sistem ini sering kali membuat penggunaan listrik menjadi tidak terkontrol, sehingga tagihan di akhir bulan bisa melonjak drastis. Namun, keuntungannya, pelanggan layanan pascabayar tidak perlu khawatir tentang pemadaman listrik yang tiba-tiba, kecuali jika terjadi gangguan.

Sementara itu, ada beberapa kelebihan lain dalam penggunaan listrik pascabayar, diantaranya penggunaan bebas tanpa khawatir pulsa habis, serta Anda tidak perlu repot-repot mengisi ulang pulsa listrik. Sebaliknya, penggunaan listrik pascabayar juga memiliki kekurangan.

Seperti adanya denda tarif keterlambatan pembayaran serta beban biaya administrasi dan pajak bulanan. Saat ini, pelanggan layanan pascabayar juga memiliki opsi untuk beralih ke prabayar dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan.

Lebih Baik Pilih Listrik Prabayar atau Pascabayar?

Memilih listrik prabayar dan pascabayar tergantung pada kebutuhan dan keinginan masing-masing pelanggan. Jika Anda ingin lebih mengontrol pengeluaran dan tidak ingin khawatir tentang tagihan bulanan, listrik prabayar bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika lebih suka menggunakan listrik sepuasnya tanpa harus repot mengisi pulsa, layanan pascabayar lebih cocok. Sementara untuk tempat bayarnya sendiri, baik prabayar maupun pascabayar bisa offline maupun online, seperti halnya Blibli.

Blibli menawarkan kemudahan, transaksi cepat, hingga berbagai metode pembayaran. Jadi, percayakan pembayaran listrik rumah Anda bersama Blibli!

Referensi

https://www.blibli.com/digital/p/pln/postpaid

  • Bagikan