Ranking FIFA Timnas Indonesia Setelah Menang 2-0 atas Filipina Melonjak Tajam

  • Bagikan
Toma Haye usai membobol gawang Philipina. (Okezone.com)

JAKARTA — Timnas Indonesia memastikan tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan putaran final Piala Asia 2027 setelah memenangkan laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak via sepakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Thom Haye pada menit 32. Sementara itu, satu gol lain diciptakan via sundulan Rizky Ridho di menit 56 setelah menerima assist Nathan Tjoe-A-On.

Kemenangan ini membuat skuad Garuda finis di posisi dua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan 10 angka. Koleksi 10 angka takkan membuat Timnas Indonesia tergeser dari posisi dua Grup F, yang menggaransi tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia hanya kalah dari Irak yang finis sebagai juara Grup F dengan 15 angka. Irak masih bisa menambah pundi-pundi poin, mengingat dini hari nanti akan menjamu Vietnam di matchday pamungkas Grup F.

Sementara itu, Vietnam berada di posisi tiga dengan enam poin dan Filipina di posisi juru kunci dengan satu angka. Lantas, naik berapa posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA setelah menang atas Filipina?

Mengutip dari laman football-ranking.com, kemenangan atas Filipina membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 11,72 poin di ranking FIFA. Alhasil, perolehan angka skuad Garuda mencapai 1,108.72 poin.
Kondisi ini membuat Timnas Indonesia diprediksi naik tiga peringkat dari posisi 136 ke 133 dunia. Sebanyak tiga negara yang disalip Timnas Indonesia adalah Malaysia yang harus turun ke peringkat 136, Rwanda (135) dan Kepulauan Faroe (134).OZ/RS

  • Bagikan