Upacara Peringatan Hardiknas 2024 Pemprov Sultra Diwarnai Hujan Deras

  • Bagikan
Mewakili Pj Gubernur, (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH, Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD, saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5/2024), bertempat di lapangan Upacara Kantor Gubernur.

KENDARI – Mewakili Pj Gubernur, (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH, Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD, memimpin jalannya upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang diwarnai dengan hujan deras yang mengguyur, Kamis (2/5/2024), bertempat di lapangan Upacara Kantor Gubernur.

Dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tersebut juga dihadiri oleh unsur DPRD Provinsi Sultra, Forkopimda Tingkat I Sultra, Kepala BNNP Sultra, Kabinda Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sultra, Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, Pimpinan Perguruan Tinggi se Sultra, Pimti Pratama Tingkat I Sultra, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan,  serta Siswa-Siswi SMA/SMK se Kota Kendari, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Dalam proses upacara yang berlangsung hikmat tersebut, tepatnya saat pengibaran sang merah putih berada di puncak tiang, tiba-tiba hujan deras menguyur lokasi peringatan. Meskipun demikian, para peserta upacara tak goyah dan tetap melanjutkan upacara peringatan hingga tuntas.

Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional, memberikan poin-poin utama peringatan Hari Pendidikan Nasional.

“Anak-anak Indonesia berani bermimpi karena merasa merdeka saat belajar di kelas, guru-guru berani mencoba hal-hal baru sebab mendapatkan kepercayaan, untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” tuturnya.

Jenderal ASN Provinsi Sultra ini melanjutkan, mahasiswa berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Karya-karya kreatif digelorakan, sebab seniman dan pelaku budaya terus mendukung dan berekspresi.

Sekda Sultra juga menyampaikan ucapan terima kasih dengan tulus dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, atas perjuangan dan dedikasi insan pendidikan dengan harapan ‘MERDEKA BELAJAR’ membawa Indonesia melompat ke masa depan.

Terakhir Mendikbudristek dan Teknologi RI dalam sambutannya yang dibawakan oleh Sekda Sultra, mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional, dan terus mengajak untuk terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan merdeka belajar.

Setelah prosesi upacara Hardiknas, para siswa-siswi SMA/SMK gelar Tarian massal serta pembacaan puisi dari SMA Negeri 1 Kendari.

Tarian massal tersebut diikuti oleh 2.000 siswa-siswi SMA/SMK se Kota Ke Kota Kendari  termasuk Sekda Prov. Sultra dan Pimti Tk.I Sultra, dimana tumpah meriah di pelataran halaman Kantor Gubernur Sultra.

Upacara memperingati Hardiknas 2024 kali ini merupakan gelaran yang terbaik, walau hujan deras turun deras menguyur Kota Kendari, namun Upacara dan rangkaian kegiatan lain tetap berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dalam peringatan Hardiknas Tahun 2024 itu juga, dilakukan penyerahan beasiswa manfaat dari pemerintah sekitar 19 siswa siswi SMA/SMK/SLB.

Pemberian bantuan beasiswa penerima manfaat siswa-siswi SMA/SMK dan SLB Prov. Sultra tahun 2024 sebesarannya Rp.1.000.000,- setiap penerima, yang diserahkan langsung Sekda Sultra didampingi Staf Ahli dan Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sultra.RS

  • Bagikan