Upacara Hardiknas 2024, Tampilkan Tarian Massal, Puisi, hingga Penyerahan Beasiswa

  • Bagikan
Suasana upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipimpin oleh Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD mewakili Pj Gubernur, Kamis (2/5/2024), bertempat di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra.

KENDARI – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs H Asrun Lio MHum PhD mewakili Pj Gubernur, Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH berlangsung penuh hikmat dan meriah, Kamis (2/5/2024), bertempat di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra.

Dalam peringatan tersebut turut menampilkan tarian massal, pembacaan puisi oleh para siswa-siswi SMA, SMK, dan SLB, hingga penyerahan beasiswa.

Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasioanal juga dihadiri oleh unsur DPRD Prov. Sultra, Forkopimda Tk. I Sultra, Kepala BNNP Sultra, Kabinda Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sultra, Ka. Kanwil Kemenkumham Sultra, Pimpinan Perguruan Tinggi se-Sultra, Pimti Pratama Tk.I Sultra, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda/Perempuan serta Siswa-Siswi SMA/SMK se Kota Kendari.

Sebelumnya, upacara berlangsung hikmat namun setelah proses penaikan bendera merah putih telah berada dipuncak tiang, hujan deras tiba-tiba tumpah dan upacara tetap dilanjutkan.
Pada sambutan Menteri Pendidikan Nasional yang disampaikan oleh Sekda Prov. Sultra memberikan point-point Hari Pendidikan Nasional.

“Anak-anak Indonesia berani bermimpi karena merasa merdeka saat belajar di kelas, guru-guru berani mencoba hal-hal baru karena mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” ucap Sekda.

Selanjutnya, mahasiswa berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Karya-karya kreatif digelorakan karena seniman dan pelaku budaya terus mendukung dan berekspresi.

Kemudian, Sekda Sultra sampaikan ucapan terima kasih dengan tulus dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia atas perjuangan dan dedikasi insan pendidikan dengan harapan ‘MERDEKA BELAJAR’ membawa Indonesia melompat ke masa depan.

Terakhir Mendikbudristek dan Teknologi RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional.

“Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan merdeka belajar,” tutupnya.

Setelah prosesi upacara Hardiknas, para siswa-siswi SMA/SMK gelar Tarian massal serta pembacaan puisi dari SMA Negeri 1 Kendari dan SMAN yang dipimpin oleh DR Aslan.

Tarian massal tersebut diikuti oleh 2.000 siswa-siswi SMA/SMK se Kota Ke Kota Kendari termasuk Sekda Prov Sultra dan Pimti Tk.I Sultra tumpah meriah di pelataran halaman Kantor Gubernur Sultra.
Upacara memperingati Hardiknas 2024 kali ini merupakan gelaran yang terbaik, walau hujan deras turun deras menguyur Kota Kendari, namun Upacara dan rangkaian kegiatan lain tetap berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio menyerahkan Beasiswa Manfaat tersebut kepada 19 (sembilan belas) siswa-siswi SMA/SMK/SLB.

Penyerahan Beasiswa tersebut disaksikan seluruh peserta upacara, dan turut juga disaksikan oleh Forkopimda Tk.I Prov. Sultra, Pimpinan Kementerian/Lembaga Sultra, Komandan TNI se-Sultra, Pinti Pratama Tk.I Prov. Sultra, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Wanita dan Tokoh Pemuda dan seluruh tenaga pendidik se-Sultra

Banyaknya melahirkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan begitu juga kurikulum merdeka belajar ini memberikan keleluasaan kepada siswa, mahasiswa, guru dan dosen untuk melaksanakan pembelajarannya sesuai dengan tujuan pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan prestasi yang telah di lahirkan, Pemprov. Sultra melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan Beasiswa Penerima Manfaat yang diserahkan oleh Sekda Provinsi Sultra.

Pemberian bantuan beasiswa penerima manfaat siswa-siswi SMA/SMK dan SLB Prov. Sultra tahun 2024 sebesarannya Rp.1.000.000,- setiap penerima, yang diserahkan langsung Sekda Sultra didampingi Staf Ahli dan Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sultra.

Berikut nama-nama penerima:

  1. La Ode Azim dari SMKN 1 Kendari
  2. Septi Rahmadani, SMKN 1 Kendari
  3. Muh. Farel, SMKN 2 Kendari
  4. Reyza Fauzi Kartilis, SMKN 2 Kendari
  5. Sarlinda, SMKN 3 Kendari
  6. Intan Nur Aini, SMKN 3 Kendari
  7. Muh. Rizal, SMKN 4 Kendari
  8. Siti Nur Isma, SMKN 4 Kendari
  9. Doni Hermawan, SMKN 5 Kendari
  10. Rasti Nur Padila, SMKN 5 Kendari
  11. Muh. Alfathar, SMKN 6 Kendari
  12. Sultan Mei Herawan, SMKN 6 Kendari
  13. Muh. Syarif, SMKN 7 Kendari
  14. Saswati, SMKN 7 Kendari
  15. Yolanda, SLBN 1 Kendari
  16. Zul Arfain Kaisa, SLBN 1 Kendari
  17. Muh. Syadam Tahira, SLBN 2 Kendari
  18. Muh. Sabililah, SLBN 2 Kendari
  19. Aulia Maharani, SLBN 2 Kendari. (ADV)
  • Bagikan