KENDARI – Guna menyemarakkan ulang tahun ke 16 PT. Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi), BPJS Kesehatan menggelar layanan BPJS Keliling di halaman Kantor Alfamidi, Kelurahan Puuwatu, Kota Kendari, Kamis (25/7).
Kegiatan ini ternyata sangat dinantikan dan mengundang respon positif dari Karyawan Alfamidi serta masyarakat sekitar. Antusias Karyawan Alfamidi dan masyarakat sekitar terlihat dari banyaknya antrean untuk mengakses layanan.
BPJS Keliling atau sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan Mobile Customer Service (MCS) merupakan kanal layanan tatap muka menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional layanan peserta yang mengusung konsep “jemput bola”. BPJS Keliling, salah satu wujud dalam meningkatkan mutu layanan kepada peserta yang menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan.
Salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sangat antusias mengakses layanan BPJS Keliling adalah Suarni (37), seorang ibu rumah tangga yang bermukim dekat dengan titik layanan BPJS Keliling di Kantor Alfamidi Kota Kendari.
Suarni terdaftar kelas 3 pada segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), ia rajin membayar iuran secara mandiri setiap bulannya. Dalam bincang-bincang singkat dengan Jamkesnews, Suarni menyatakan bahwa dirinya merasa terbantu dengan kehadiran layanan BPJS Keliling karena dapat dengan mudah mengecek tunggakan iurannya dan mendapatkan informasi terkait program cicilan yang dapat memudahkan pembayaran iuran dengan lebih fleksibel.
Selain bisa mengecek tunggakan iuran, BPJS Keliling juga menjadi sarana yang tepat untuk mendapat informasi terkait program cicilan yang memudahkan untuk pembayaran iuran. Sebelumnya, Suarni kebingungan untuk membayar tunggakan secara keseluruhan karena lumayan banyak jumlahnya dan penghasilan bulanannya tidak cukup untuk membayar tunggakan secara keseluruhan.
“Ternyata ada program yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan yang lebih mudah dan lebih terjangkau,” ujar Suarni.
Kepada Suarni, Petugas BPJS Keliling memberikan layanan dan penjelasan terkait program REHAB (Rencana Pembayaran Bertahap) yang dapat dilakukan melalui Care Center 165 serta melalui Aplikasi Mobile JKN. Program REHAB ini memberikan solusi bagi peserta yang telah menunggak iuran di atas 3 bulan dan ingin membayar iurannya secara bertahap dengan cara yang lebih fleksibel dan teratur.
Petugas BPJS Keliling memberikan informasi lengkap mengenai cara penggunaan Aplikasi Mobile JKN dan pendaftaran Program REHAB melalui Aplikasi Mobile JKN dengan mengikuti alur dan prosedur, peserta nantinya sudah dengan mudah untuk melakukan pembayaran tunggakan secara bertahap untuk meringankan peserta.
Kehadiran BPJS Keliling didesain oleh BPJS Kesehatan untuk semakin mempermudah akses layanan administrasi bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau oleh kantor BPJS Kesehatan. Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas kepada seluruh peserta.
BPJS Keliling telah berhasil menciptakan solusi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, menggambarkan upaya nyata untuk menjawab tantangan dalam memperluas akses layanan administrasi yang mudah, cepat, dan setara. Semoga dengan adanya BPJS Keliling ini, lebih banyak warga yang dapat menikmati manfaat dari program BPJS Kesehatan tanpa hambatan administrasi.
BPJS Keliling akan terus beroperasi dan hadir di berbagai daerah, dengan membawa manfaat bagi masyarakat dalam mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan akan semakin banyak peserta BPJS Kesehatan yang merasa terbantu dalam mendapatkan informasi sepurat kepesertaannya dan mendapatkan manfaat dari program-program yang disediakan, serta memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.(RS)