KONI Konut Segera Bayarkan Bonus Atlet

  • Bagikan
H Abuhaera

WANGGUDU – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Konawe Utara bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan segera memberikan bonus kepada pelatih dan atlet Konut peraih medali emas, perak dan perunggu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV yang sebelumnya telah di selenggarakan di Kota Baubau dan Kabupaten Buton.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua KONI Konawe Utara H Abuhaera saat ditemui. Katanya, penyerahan bonus bagi pelatih dan atlet peraih medali rencananya akan diberikan secara simbolis dalam dekat ini.

Abuhaera mengatakan, keterlambatan penyerahan bonus pelatih, dan atlet peraih medali karena ada beberapa syarat yang harus dilakukan.

Abuhaera menjelaskan, setelah selesai pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 yang ditetapkan pada 31 Desember 2022 kemarin tidak langsung dicairkan, melainkan, harus melewati beberapa proses, diantaranya harus melakukan penginputan melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Kemudian, dari SIPD diinput ke SIMDA, setelah itu ke Dispora untuk membuat DPA. Setelah itu, KONI membuat NPHD, karena ini adalah bantuan dana hibah, setelah itu dioper ke Keuangan, setelah itu di oper ke rekening KONI, dari rekening KONI ditransfer ke rekening masing-masing atlet dan pelatih,” jelas H Abuhaera saat ditemui, Rabu (18/1).

Wakil Bupati Konawe Utara ini menuturkan, keterlambatan penyerahan bonus ini bukan karena disengaja, atau ada niat tidak baik dari Pemkab, maupun KONI. Melainkan, harus melewati beberapa proses.

“Karena ini adalah uang negara yang harus dilakukan dengan mekanisme yang sesuai,” ujarnya.

Dirinya berharap kepada seluruh Atlet untuk bersabar, Pemkab Konut telah menyiapkan anggarannya sebesar Rp 9 Miliar lebih. Rencana penyerahan bonus bagi para atlet dan pelatih akan dilakukan di Ibu kota Wanggudu.

“Kita akan mengundang mereka datang, supaya Pak Bupati langsung yang serahkan. Bukan uang tunai yang kita serahkan, tapi buku rekening yang telah dimasukkan dana, sesuai dana bagi peraih medali emas, perak, dan perunggu. Pemkab Konut akan menyerahkan secara resmi kepada mereka,” ujarnya.P3/B/HDI/RS

  • Bagikan