Kepengurusan Lembaga Adat Tolaki Bombana Terbentuk

  • Bagikan
Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Lukman Abunawas dan Pj Bupati Bombana, H Burhanuddin saat menghadiri pembentukan DPD LAT.

RUMBIA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT) di Kabupaten Bombana terbentuk yang kini diketuai oleh Agustamin Saleko selama 2022 sampai 2027.

DPD LAT dibentuk dengan dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas, Pj Bupati Bombana, H Burhanuddin dan para pimpinan OPD.

Burhanuddin mengatakan, dengan hadirnya LAT dapat berkolabirasi dengan pemangku adat yang lain untuk bergerak satu tujuan membawa daerah lebih kondusif, lebih aman untuk semua orang yang datang.

“Saya harapkan seluruh pemangku adat untuk menjalin kerja sama, saling bahu membahu bersama pemerintah daerah mengangkat dan memajukan daerah, ” harapnya.

Burhanuddin menegaskan, di Bombana tidak boleh ada bendera yang lebih tinggi, warna yang lebih dominan, semua sama yakni orang Bombana. Untuk itu yakinkan diri bahwa kita orang Bombana.

Sementara itu, Ketua DPD LAT Kabupaten Bombana, Agustamin Saleko menegaskan, eksistensi suku Tolaki dan organisasinya terbentuk di Kabupaten Bombana adalah bukan untuk bersaing di atas suku-suku lain, tetapi lebih utama adalah membangun sinergi dengan kearifan lokal serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana.

“Tetapi lebih utama adalah membangun senergitas dengan kekeluargaan dengan kearifan lokal serta pemerintah dalam upaya bersama-sama membangun Wonua Bombana,” ucapnya.

“Ada di atas 3.000-an orang Tolaki di Bombana. Untuk yang masuk pengurus yang dilantik hari ini berjumlah seratus lebih. Ke depan kami upayakan semua terdata di mana pun berada,” tutupnya.(RS)

  • Bagikan