Berkolaborasi dengan Harian Rakyat Sultra, Kantor Bahasa Sultra Sukses Gelar Niaga Bahasa

  • Bagikan
Anggota DPR RI, Hj. Tina Nur Alam bersama Kepala Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, Dr. Uniawati, Rektor Unsultra, Prof. Dr.H. Andi Bahrun dan Direktur Harian Rakyat Sultra, Mahdar, S.S, M.Ap. saat foto bersama dengan pemenang lomba memperingati Bulan Bahasa 2022, Minggu (9/10/2022).

KENDARI – Memperingati Bulan Bahasa dan Sastra, Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Niaga Bahasa yang dilaksanakan di Kolam Retensi Boulevard Kendari, Minggu (9/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Tina Nur Alam, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof. Dr. H. Andi Bahrun, Kepala Kantor Bahasa Sultra Dr Uniawati dan Direktur Harian Rakyat Sultra, Mahdar, S.S, M.Ap.

Dalam sambutannya, Tina Nur Alam mengungkapkan, hadirnya kegiatan Niaga Bahasa dalam rangkaian perayaan Bulan Bahasa dan Sastra 2002 ini akan membawa banyak pesan edukasi terkait bagaimana berbahasa yang baik dan berdampak besar. Selain itu, kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan produk kreativitas para Duta Bahasa yang di dalamnya mengandung nilai pendidikan berbahasa dan ekonomi.

Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Tina Nur Alam saat memberikan sambutan pada Niaga Bahasa yang digelar dalam memperingati Bulan Bahasa oleh Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, Minggu (9/10/2022).

“Saya rasa, para Duta Bahasa sebagai generasi muda Sultra dan seluruh anak-anak muda memang harus terus mengasah diri agar bisa menjadi para pemuda yang kreatif. Pemuda memiliki peran untuk menjadi pusat kemajuan Bangsa Indonesia, olehnya itu, jangan ragu dan takut untuk beraktivitas serta menunjukkan inovasi,” ujarnya.

Ia berpesan kepada para generasi muda yang hadir agar menyerap ilmu yang disampaikan pada kegiatan ini, kemudian diterapkan dalam berkreasi dan mengembangkan diri di industri kreatif. Ia juga akan menyampaikan ke Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek agar program-program pengembangan dan pembinaan bahasa banyak dibawa ke Sultra.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Harian Rakyat Sultra yang terus berkomitmen ikut membangun pendidikan melalui peran media dalam edukasi di Sulawesi Tenggara termasuk dukungan kegiatan bulan bahasa ini. Begitu juga dengan Universitas Sulawesi Tenggara yang terus menyiapkan generasi muda kita menjadi para ilmuwan yang unggul dan berkarakter. Semoga kita semua dapat terus bersama dalam memajukan daerah ini dengan kompetensi kita masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Sultra Dr Uniawati mengatakan, Niaga Bahasa yang dilaksanakan ini berorientasi dalam kegiatan pengkampanyean kebahasaan dan kesastraan dengan menciptakan produk-produk niaga. Melalui ini, pihaknya menginginkan agar generasi muda khususnya para masyarakat Sultra mampu menciptakan produk-produk yang inovatif dan dedukatif dengan memanfaatkan sarana kebahasaan dan kesastraan.

Penyerahan Hadiah juara satu Lomba Cerdas Cermat, SMAN 01 Kendari oleh Hj. Tina Nur Alam.

Lanjutnya, dengan begitu akan muncul sikap positif dan kesadaran bagi seluruh masyarakat di Sultra untuk lebih memartabatkan Bahasa Indonesia. Uniawati mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan, pihaknya menggandeng Duta Bahasa sebagai representasi generasi muda di Sultra sekaligus mitra Kantor Bahasa Sultra dalam melaksanakan pengembangan pemasyarakatan maupun pembinaan bahasa dan sastra Indonesia khususnya di Sultra.

“Dalam kesempatan kali ini dibawa koordinir Ikatan Alumni Duta bahasa mereka telah menciptakan sebuah produk Niaga yang nantinya sekaligus akan diluncurkan dalam rangkaian kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Harian Rakyat Sultra, Mahdar mengatakan, di tahun ini pihaknya berkolaborasi dengan Kantor Bahasa Sultra dalam memeriahkan dan ikut berpartisipasi di dalam kegiatan bulan bahasa dan sastra. Pihaknya dengan Kantor Bahasa Sultra mempunyai hubungan yang panjang, di mana telah berkolaborasi dalam rangka penerbitan informasi pengembangan pembinaan bahasa dan sastra di Sultra.

Foto bersama dengan Hj. Tina Nur Alam, Rektor Unsultra, Kepala Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, Direktur Harian Rakyat Sultra dan Duta Bahasa 2022.

Lanjutnya, dalam peringatan bulan bahasa ini ada tiga kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan Kantor Bahasa Sultra yakni lomba cerdas cermat tingkat SMA sederajat, lalu lomba baca puisi tingkat guru se-Kota Kendari, dan lomba baca puisi secara daring yang diikuti oleh SD se-Sultra.

“Oleh karena itu kami dari Harian Rakyat Sultra dan seluruh panitia mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang lomba. Selain itu, tak lupa kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak. Kita berharap di tahun-tahun berikutnya dalam kegiatan seperti ini mendapat dukungan yang sama,” harapnya. (CR5/RS)

  • Bagikan