Polda Sultra Ajak Insan Pers Bersinergi Jaga Kondusivitas

  • Bagikan
Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan saat membawakan sambutan di acara Coffe Morning, kemarin.

KENDARI – Bidang Humas (Bid Humas) Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) kembali melangsungkan kegiatan Coffee Morning bersama Insan Pers di Bumi Anoa, Rabu (8/9/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Warkop WK5 Pujasera ini turut dihadiri para Pejabat Utama (PJU) Polda Sultra seperti Karo Ops, Kabid Humas, Dirkrimsus, Dirkrimum dan Dirnarkoba. Sedangkan dari organisasi kewartawanan dan perusahaan media, ada Ketua PWI Sultra, IJTI Sultra, AJI Sultra. Kemudian, Ketua SMSI, JMSI dan AMSI.

Mewakili Kapolda Sultra, Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol. Ferry Walintukan mengungkapkan bahwa coffee morning yang dilaksanakan merupakan ajang silaturahmi mempererat sinergitas antara pihak kepolisian dan insan pers guna menjaga suasana kondusif di Bumi Anoa.

Ferry pun menuturkan, siap memberikan informasi kepada insan pers yang ingin memperoleh informasi perkembangan kasus yang ditangani Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Sama seperti yang kita sepakati bersama jika ada berita media, saya akan berusaha membantu teman-teman. Saya hanya mengharapkan situasi yang kondusif di wilayah hukum Provinsi Sulawesi Tenggara dan kami Polri khususnya akan selalu membantu teman-teman dalam memberikan informasi,” ungkapnya.

Ia pun mengaku membuka diri jika insan pers langsung menghubunginya untuk kepentingan pemberitaan. Dengan harapan hubungan yang harmonis tetap terjalin. Namun, ia juga berharap insan pers melakukan klarifikasi jika ada sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan instansi kepolisian.

“Saya juga mengharapkan setiap pemberitaan-pemberitaan yang dikirimkan, kan kita ada namanya UU Pers. Saya minta rekan-rekan juga mengklarifikasi setiap tulisan yang dibuat sebelum diupload atau dikirim untuk memperkecil masalah-masalah yang dapat terjadi. Rekan-rekan bisa saling berbagi informasi jika ada apa-apa tentang kepolisian supaya dikomunikasikan, bukan cuman masalah kasus, tapi juga tindakan anggota atau apa silahkan,” tutur Ferry.

Sementara itu, mewakili rekan-rekan media, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Sarjono mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada pihak Polda Sultra yang telah menginisiasi coffee morning bersama insan pers di daerah ini.

Menurutnya, pihak kepolisian mengharapkan informasi melalui karya-karya pers yang bisa mencerahkan publik. Termasuk bisa menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas.

“Kita optimis forum-forum seperti ini bisa menjadi tempat untuk bertukar pikiran. Kami dari jurnalis siap menerima masukan, kritikan sekalipun karena kami tidak bisa mengkritik diri sendiri,” ujar Sarjono. (RS)

  • Bagikan