Peringati HUT Veteran, LVRI Berbagi Tali Asih

  • Bagikan
Piveri Sulawesi Tenggara bersama LVRI Sultra dan PPM Sultra berkunjung ke rumah salah seorang istri Veteran RI di Kendari (2022).

KENDARI – Hari Veteran Nasional diperingati setiap tahunnya setiap 10 Agustus 2022. Penetapan Hari Veteran Nasiona berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatan Legiun Veteran RI (LVRI) Provinsi Sultra melakukan silaturahmi sekaligus melihat keadaan dan kondisi para veteran RI di Sultra. Selain itu guna membagikan tali asih dalam rangka mempererat persaudaran, soliditas dan semangat kekeluargaan sesama veteran. Kegiatan ini juga diikuti Piveri (Persatuan Veteran RI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Sultra.

Ketua DPD LVRI Sulawesi Tenggara, Barmuddin menyatakan sebagai sesama anggota Veteran, tentu saja kegiatan ini akan sangat membekas di hati para anggota Veteran dan Piveri yang sempat ikut kegiatan maupun para veteran beserta keluarga yang dikunjungi.

“Ini bentuk bahwa kami semua tidak pernah melupakan jasa-jasa para veteran-veteran yang ada, yang di usia mudanya sudah mempertaruhkan kepalanya untuk perjuangan memerdekakan bangsa ini. Mempertahankan kemerdekaan yang sudah diproklamirkan serta sekarang menyaksikan bagaimana generasi muda mengisi kemerdekaan dengan pembangunan untuk memajukan negara ini,” terangnya.

Menurut Barmuddin semangat juang para veteran ini, yang sekarang sudah banyak berusia sepuh dan sakit mendera namun tetap sabar dalam melanjutkan sisa berkarya serta keikhlasan yang luar biasa adalah modal semangat yang dimiliki oleh para Veteran dimana saja berada termasuk di Sultra.

Kunjungan DPD LVRI didampingi Piveri dan PPM Sultra di salah satu anggota LVRI Sultra, dalam rangka peringatan HUT Veteran Tahun 2022.

Sementara, Ketua Piveri Provinsi Sulawesi Tenggara, Lily Barmuddin mengatakan perjuangan para istri veteran tidak kalah beratnya dengan para suami yang sedang mengemban tugas untuk berjuang membela Negara di medan operasi.

Saat ini juga kata dia bersama-sama dengan LVRI, para istri veteran tetap berjuang dalam mempertahankan nilai-nilai juang yang dilandasi semangat 45 kepada generasi muda khususnya PPM sebagai anak cucu veteran. Sehingga diharapkan mereka tidak kalah hebatnya dengan para pejuang-pejuang terdahulu.

Kegiatan anjangsana dan silaturahmi ke beberapa rumah istri veteran ini adalah bentuk pengabdian kepada sesama istri veteran yang lagi ditimpa sakit sehingga suasana Piveri sebagai keluar masih dirasakan oleh seluruh anggota semua.

PIVERI sendiri dibentuk setelah terbentuk Departemen Urusan Veteran dan Demobilisan oleh Pemerintah pada 1964. Awalnya bernama Ikatan Keluarga Veteran dan Karyawan (PIVEKA). Namun, sejak tahun 1974 namanya berubah menjadi PIVERI. Organisasi ini di bawah pembinaan LVRI.

Diketahui, sejarah Hari Veteran Nasional dimulai dari peran para veteran dalam mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah Belanda pasca reformasi. Pada tanggal yang sama yakni 10 Agustus 1949, terjadi peristiwa gencatan senjata yang penting dan menjadi momen yang dikenang untuk memperingati jasa veteran.

Begitu pula dengan Hari Ulang Tahun Piveri yang jatuh pada 28 Juli 2022 ikut membersamai HUT LVRI. Dengan tema “Dengan Dilandasi Jiwa Semangat Nilai Juang 45, PIVERI Ikut Serta Membangun Indonesia yang Maju dan Sejahtera” jadi inspirasi dari para istri veteran pejuang RI untuk masih berkontribusi sampai akhir hayat kepada Negara dan bangsa. (EFN/RS)

  • Bagikan