Pemkot Kendari Gandeng Kemendagri Tingkatkan Kapasitas Penggelola Keuangan

  • Bagikan
Ridwansyah Taridala usai membuka Workshop Digitalisasi Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah. Ist.

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Workshop Digitalisasi Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah guna meningkatkan kapasitas aparatur pengelola keuangan dalam pelaksanaan dan pertanggung jawaban APBD.

Workshop ini dibuka Sekretaris daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala juga dihadiri Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan selaku narasumber.

Ridwansyah Taridala berharap peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, sebagai wahana transfer knowledge sehingga mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi, profesionalisme sebagai aparatur pengelola keuangan daerah dalam menjalankan peran dan fungsinya.

“Hal tersebut guna mewujudkan kinerja pengelolaan keuangan daerah yang konsisten dengan mengedepankan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku,” ungkapnya, baru-baru ini.

Katanya, guna mendukung transformasi sistem keuangan daerah, Kemendagri telah memfasilitasi dengan membangun sebuah aplikasi berbasis elektronik yang terintegrasi untuk digunakan pemerintah daerah.

“Perlu tahapan perencanaan dan penganggaran Kota Kendari tahun 2021 telah menggunakan aplikasi SIPD dan insha Allah di tahun 2022 ini sudah secara penuh menggunakan aplikasi,” tambahnya.

Mantan Kepala Bappeda ini berharap peserta workshop dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya sehingga mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi dan profesionalisme sebagai aparatur pengelola keuangan daerah. (RS)

  • Bagikan

Exit mobile version