Pemkab Buton Tetapkan 127 Titik Lokasi Salat Idulfitri

  • Bagikan
La Bakry

PASARWAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton telah menetapkan lokasi Salat Idulfitri  pada 1 Syawal 1443 H/2022 M.

Melalui rapat bersama, ditetapkan ada 127 titik lokasi Salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Buton.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan pelaksanaan Salat Idulfitri sesuai instruksi menteri tetapi dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Misalnya ketika open house. Hal itu dilakukan agar tidak ada gelombang-gelombang baru Covid-19.

“Di surat edaran Menteri itu, boleh kumpul sampai dengan 100 orang. Itu masih bisa prasmanan. Lebih dari itu sudah harus pakai kotak/dus dan tetap jaga jarak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton, H Mansur menjelaskan pelaksanaan Idulfitri pada tahun ini sudah boleh dilaksanakan di masjid maupun di lapangan, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sedangkan yang berkaitan dengan takbiran, belum diperkenankan untuk takbir keliling.

“Takibaran masih di masjid pada jam yang ditentukan. Mulai dari terbenamnya matahari sampai dengan jam 10 malam. Ditambah dengan sekarang ini ada pengaturan pengeras suara bahwa sedapat mungkin suara pada saat takbir itu untuk tidak menggangu kenyamanan dari pihak-pihak yang lain,” ujarnya.

Lalu, ia menyebutkan untuk titik-titik pelaksanaan penyelenggaraan salat Idulfitri, terdapat 127 titik.

Di Kecamatan Pasarwajo, sebanyak 24 titik. Masing-masing, 20 titik dilaksanakan di masjid setiap desa. Kemudian pelaksanaan salat di lapangan ada 4 titik. Lapangan Desa Banabungi, Desa Winning, Desa Mantowu dan lapangan Desa Kondowa.

“Wabula ada enam titik. Tiga titik di masjid, tiga titik di lapangan. Di lapangan itu adalah halaman masjid Nurul Muhammad, lapangan Desa Holimombo dan lapangan futsal Desa Bajo Bahari,” Jelasnya.

Di Kecamatan Wolowa, delapan masjid dan satu lapangan. Lapangan Desa Kaumbu.

Kecamatan Siotapina ada 20 masjid dan dua lapangan. Yakni Lapangan Desa Matanauwe dan lapangan Desa Bahari Makmur.

Kecamatan Lasalimu Selatan, 19 Masjid dan satu lapangan. Lapangan halaman masjid Amboau Indah

Kecamatan Lasalimu, ada 21 masjid satu lapangan. Lapangan masjid Desa Lawele.

Sedangkan di Kecamatan Kapontori, 22 masjid di setiap desa dan dua lapangan. Lapangan Desa Barangka dan lapangan Desa Boneatiro. (R4/HDI)

  • Bagikan