20 ASN Berebut Tiga Kursi OPD

  • Bagikan
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Busel, Firman Hamza (FOTO : LM. Suharlin/Rakyat Sultra)

BATAUGA – Sedikitnya 20 pelamar telah mengajukan berkas administrasi pendaftaran dalam pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di tiga organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru saja dimekarkan belum lama ini.

Dari 3 kursi yang dilamar, kursi jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buton Selatan menjadi kursi yang paling diminati oleh para calon pejabat eselon II bumi Gajah Mada itu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Busel, Firman Hamza menuturkan pihaknya baru saja menyelesaikan proses pendaftaran calon kepala dinas di tiga dinas yang tengah mengalami kekosongan pejabatnya. Pendaftaran yang itu berlangsung sejak 19 April 2022 dan berakhir pada 25 April 2022 jam 16.00 WITA.

“Kalau untuk yang paling diminati itu kursi jabatan kepala Badan Pendapatan Daerah 8 orang kemudian disusul kursi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga sebanyak 7 pelamar. Sementara kursi kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ada 6 pelamar ,” tuturnya.

Kata dia, setelah proses pendaftaran, pihaknya kemudian akan melakukan pemeriksaan berkas administrasi dan rekam jejak peserta seleksi terbuka yang dijadwalkan besok (hari ini,red) yakni tanggal 26 April 2022. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi administrasi dan asesment oleh BKN yang dijadwalkan pada 27 April 2022.

“Kemudian dilanjutkan penulisan dan persentase makalah dan wawancara akhir yang akan digelar pada 28 April 2022. Yang pasti semua tahapan kita akan upayakan akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tambahnya

Dia menambahkan, dalam tes wawancara nantinya dipastikan terdapat kompetensi menejerial, kompetensi bidang dan kompetensi sosial cultural. Dilanjutkan pada pengmuman hasil seleksi siapa-siapa yang dinyatakan dan berhak lolos menjadi 3 besar disetiap kursi yang dilamar sesuai dengan keputusan pansel yang dijadwalkan pada 29 April 2022.

Setelah pihaknya mengantongi keputusan Pansel atas hasil seleksi nantinya, kemudian Sekda Kabuapten Busel akan mengajukan kepada pejabat pembina kepegawaian (Bupati Buton Selatan,red). Selanjutnya, keputusan itu akan diajukan kepada KASN untuk dimintakan rekomendasi hasil seleksi terbuka pimpinan tinggi Pratama eselon IIB Lingkup Pemkab Busel.

“Kami berharap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kabupaten Buton Selatan yang telah mengikuti Assesment pada seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2021 atau telah mengikuti Assesment pada lembaga lain yang telah terakreditasi, untuk mendaftarkan diri mengikuti Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama eselon IIb yang dibuka saat ini,” tutupnya (m2/hdi)

  • Bagikan