Pilkades Serentak Telan Dana Rp 4 Miliar

  • Bagikan
Ilustrasi

RAHA,Rakyatsultra.comPemerintah Kabupaten Muna akan segera menggelar pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Muna pada bulan Oktober mendatang. 124 desa di Kabupaten Muna akan mengikuti hajatan Demokrasi yang telah lama dinanti-nantikan oleh warga desa se Kabupaten Muna ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam menyebutkan, anggaran pilkades serentak ini membutuhkan anggaran Rp 4 Miliar lebih, sementara anggaran pilkades yang tersedia dalam APBD 2022 ini senilai Rp 2,4 Miliar, ditambah dana pilkades yang dialokasikan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) senilai Rp 1,2 Miliar, jadi totalnya Rp 3,7 Miliar.

Untuk melaksanakan seluruh tahapan pilkades, mulai dari sosialisasi hingga tahapan pelantikan kades terpilih, anggaran Rp 3,7 M ini dinilai belum mencukupi. Namun demikian kata Rustam, Pemkab Muna tetap komitmen untuk menyelenggarakan pilkades serentak 124 desa.

Juga tentang regulasi pilkades, Pemkab Muna telah merampungkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pilkades yang akan mengatur secara detail aturan main pelaksanaan pilkades di Kabupaten Muna. (SRA/AGS)

  • Bagikan