Pengurusan KTP Eletronik Meningkat

  • Bagikan
Kadisdukcapil Mubar, Burhanuddin, S.Sos, M. Si

LAWORO, Rakyatsultra.com – Kepengurusan Kartu Tanda Pendudukan (KTP) Eletronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muna Barat (Mubar) mengalami peningkatan akhirakhir ini.

Itu terjadi, lantaran adanya perekaman baru pada usia rata-rata memasuki wajib mengantongi kartu identitas seumur hidup, alias tujuh belas tahun. Kendati demikian stok blangko masih aman. Saat ini, blanko masih tersedia 3000 keping. Jumlah itu, dipredikasi masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tiga bulan ke depan. Baik itu, perekaman baru, penggantian KTP akibat usang atau tidak, serta lainnya.

“Pengurusan KTP akhirakhir ini mengalami peningkatan, tapi kita tidak kekurangan stok blanko. Semua terpenuhi. Sekarang saja, masih tersisa 3000 keping,” kata Kadisdukcapil Mubar, Burhanuddin, saat dijumpai diruang kerjanya, Senin (18/4).

Burhanuddin menjelaskan, peningkatan kepengurusan kependudukan diiinstansi pimpinannya, naik tiga kali lipat. Rata-rata perharinya naik sampai 60 orang.

“Variabelnya banyak kalau diakhir-akhir ini kan. Mungkin ada yang mendaftar kepolisian, mau kuliah. Termasuk kepengurusan KK. Tapi, meski pun banyak yang mengurus, tak usah ragu. Karena kita tetap sediakan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Insyaallah,” Burhanuddin menerangkan.

Burhanuddin menyampaikan, untuk wajib KTP Mubar per 14 April mencapai 58.038 orang. Tercatat, yang telah melakukan perekaman plus masuk 17 tahun, sudah berada pada angka 56.964 orang. Sehingga, dipastikan sudah tidak mencapai 2000 an lagi yang belum melakukan perekaman KTP_el. “Mudah-mudahan, kita sampai seterusnya tidak ada kendala,” pungkasnya. (M1/B)

  • Bagikan