KENDARI – PT. Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) Cabang Kendari terus berinovasi dan berupaya meningkatkan pelayanan bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan Kapal Pelni. Kemudahan ini termasuk salah satu diantaranya adalah para calon penumpang dapat membeli tiket kapal Pelni di hari Minggu dan Cuti Bersama Lebaran 2022.
Peningkatan pelayanan yang gagas oleh Agustinus Prima selaku Head of Branch PT Pelni Kendari, melayani pembelian tiket tidak hanya untuk kapal yang berangkat dari Kendari, tetapi juga untuk kapal yang berangkat diluar pelabuhan Kendari. Ia pun memastikan Pelni Kendari tetap melayani pembelian tiket di Hari Libur Cuti Bersama.
“Kami (Pelni Kendari, red) sudah membagi tugas selama hari libur Cuti Bersama, supaya masyarakat tetap terlayani untuk membeli tiket kapal Pelni, ” terangnya kepada media, Senin (11/4).
Ketika dikonfirmasi kepastian waktu pelayanan saat Cuti Bersama Lebaran, Agustinus mengungkapkan bahwa Loket Pelni Kendari tetap buka untuk melayani pembelian tiket kapal Pelni pada pukul 09.00 – 15.00 WITA.
Ia pun berharap peningkatan layanan oleh Pelni Kendari dapat membantu masyarakat dalam membeli tiket kapal Pelni untuk momen lebaran tahun ini.
Peningkatan layanan loket buka dihari Minggu dan hari libur Cuti Bersama Lebaran bukan hanya keinginan Agustinus semata, melainkan juga karena masukan dari masyarakat dan instansi stakeholder pelabuhan.
Novi selaku Petugas Loket Pelni Kendari mengakui bahwa Transformasi Layanan di Pelni Kendari diwujudkan oleh Kepala Cabang yang sekarang menjabat, dalam hal ini, Agustinus.
“Pak Agustinus selalu menyampaikan ke kami (Petugas Loket, red) agar selalu melayani dengan hati kepada pelanggan Pelni sehingga kami setuju meskipun ada hari libur Cuti Bersama, kami (Loket Pelni Kendari) tetap melayani pembelian tiket,” cetus Novi.
Sebagai syarat perjalanan, untuk naik kapal Pelni sebagaimana diatur oleh SE Satgas Covid nomor 16 tahun 2022 dan SE Kementerian Perhubungan nomor 37 tahun 2022, pertama, bagi calon penumpang yang sudah vaksin tahap tiga (booster), tidak wajib menunjukkan PCR dan antigen. Kedua, bagi calon penumpang yang sudah vaksin tahap dua, wajib menunjukkan hasil negatif antigen 1×24 Jam, atau negatif PCR 3×24 jam sebelum keberangkatan kapal.
Kemudian, ketiga, bagi calon penumpang yang sudah vaksin tahap satu, wajib menunjukkan hasil negatif PCR 3×24 jam sebelum keberangkatan kapal. Keempat, bagi calon penumpang yang sakit (Komorbid, dsb) wajib menunjukkan Surat Keterangan Sakit dari instansi pemerintah dan wajib menunjukkan hasil negatif PCR 3×24 jam.
Terakhir, bagi Anak-anak dengan usia dibawah 6 (enam) tahun, wajib didampingi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif antigen 1×24 jam atau negatif PCR 3×24 Jam.
Busran, selaku Kepala Operasi Pelni Kendari menyampaikan juga bahwa Loket PELNI Kendari hanya libur di Hari Raya Pertama Lebaran, selain itu tetap melayani pembelian tiket dengan jam yang sudah diatur oleh pimpinan.
“Pimpinan (Agustinus) sudah berdiskusi dengan kami (Tim Pelni Kendari), beliau tetap meminta bahwa pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan di momen lebaran sehingga kebutuhan masyarakat harus tetap terlayani,” terang Busran.
Pembelian tiket dapat diperoleh melalui website www.pelni.co.id, Pelni Mobile Apps, agen penjualan tiket dan loket kantor cabang PT Pelni Kendari dengan metode pembayaran secara non tunai (pembayaran dengan Kartu ATM). Selain itu, guna menjaga ketertiban, keamanan pelayaran dan kenyamanan penumpang kapal Pelni selama periode angkutan Lebaran tahun ini, Pelni Kendari bekerjasama dengan stakeholder pelabuhan untuk kelancaran operasional.
Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan kapal PELNI dapat mengakses akun media sosial PELNI @Pelni162 atau website resmi Perusahaan www.pelni.co.id. Calon penumpang dapat menghubungi Call Center PELNI 162 atau melalui layanan WhatssApp di nomor 0811-162-1-162. (red)