Waspada, Ini 7 Tanda Ginjal Bermasalah, Nomor 1 Bikin Kaget

  • Bagikan

Rakyatsultra.com, —  GINJAL berfungsi menyaring racun dalam tubuh serta membantu menyaring darah

Jika ginjal bermasalah, tentu saja bisa memberi efek buruk pada tubuh. Hal ini karena jika ginjal Anda rusak, maka fungsi tubuh mungkin sedikit bermasalah.

Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal tentu saja sangat penting. Namun, Anda juga harus tahu tanda ginjal bermasalah, seperti dikutip laman Webmd.

1. Selalu Lelah

Ginjal menyaring limbah dari darah Anda dan mengirimkannya melalui urin. Ketika ginjal Anda tidak bekerja dengan benar, maka racun bisa menumpuk. Salah satu tanda umum adalah kelelahan.

Anda mungkin merasa lelah, lemah, atau sulit berkonsentrasi. Ginjal membuat hormon yang memberi tahu tubuh Anda untuk membuat sel darah merah.

2. Tidur yang Buruk

Studi menunjukkan kemungkinan hubungan antara sleep apnea dan penyakit ginjal kronis, yang seiring waktu merusak organ Anda dan bisa menyebabkan gagal ginjal. Sleep apnea bisa melukai ginjal Anda sebagian dengan mencegah tubuh mendapatkan cukup oksigen. Penyakit ginjal kronis pada gilirannya bisa menyebabkan sleep apnea dengan mempersempit tenggorokan Anda, penumpukan racun, dan lainnya.

3. Wajah dan Kaki Bengkak

Ketika ginjal Anda tidak bisa membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di tubuh Anda. Itu bisa menyebabkan tangan, kaki, pergelangan kaki atau wajah bengkak. Anda mungkin melihat pembengkakan terutama di kaki serta pergelangan kaki.

 

Kulit Gatal

Ini mungkin terjadi jika ginjal Anda tidak bisa membuang racun dan menumpuk di darah. Itu bisa menyebabkan ruam atau membuat Anda gatal di sekujur tubuh. Seiring waktu, ginjal Anda mungkin tidak bisa menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan penyakit mineral dan tulang, yang membuat kulit Anda kering dan gatal.

Kram Otot Kram di kaki

Anda dan di tempat lain bisa menjadi tanda fungsi ginjal yang buruk.  Ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lain bisa mengganggu cara kerja otot dan saraf Anda.

Sesak Napas

Ketika Anda memiliki penyakit ginjal, organ tubuh tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin. Hormon memberi sinyal pada tubuh Anda untuk membuat sel darah merah. Tanpa itu, Anda bisa menderita anemia dan merasa sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan. Anda mungkin kesulitan mengatur napas.

Selera Makan Rendah

Penyakit ginjal bisa menyebabkan mual atau muntah dan mengganggu perut Anda. Itu mungkin membuat Anda kehilangan selera makan yang bisa menyebabkan penurunan berat badan.(fny/jpnn)

#Sultra #Health

  • Bagikan