Giring Heran Belum Ada Sirkuit Formula E, Loh kan Pengerjaan Baru Dimulai Pada Februari

  • Bagikan

Rakyatsultra.com, —  Ketua Umum PSI, Giring Ganesha melakukan sidak ke lokasi sirkuit Formula E di kawasan Ancol Jakarta Utara. Giring heran tidak ada kesibukan pengerjaan.

Padahal jadwal even Internasional itu akan berlangsung di Jakarta pada Juni 2022.

Giring merekam sidaknya. Di sana dia memperlihatkan jalan yang berlumpur yang masih penuh dengan rumput. Tidak ada aktifitas pengerjaan di sana. Juga terdapat banyak hewan seperti kambing.

“Pembangunan jalur balapan terlihat dihiasi lumpur yang mengisap. Tak ada pekerja, yang ada hanya kambing yang berbaris. Miris. Kejar tayang tinggal 5 bulan lagi dengan kondisi begini?” ujar Giring Ganesha dikutip, FIN.CO.ID, Kamis Januari 2022.

BACA JUGA: Dugaan Korupsi Dana Covid-19, Kejati Diminta Periksa Mantan Kepala BPBD Sultra Boy Ihwansyah

Giring merasa lucu lihat suasana di lokasi sirkuit. Dia sendiri tidak yakin Sirkuit itu bisa jadi dalam kurung waktu yang singkat.

“Gokil nih proyek formula E, proyek ambisius bangat bangat, budget besar pakai uang rakyat, dan waktu persiapan yang mepet. Gua ngga yakin nih bisa kejadian pembangunan sirkuit ini. Kalau kejadian pasti dipaksakan” ujarnya.

“Kok bisa tinggal 5 bulan lagi Formula E, sirkuitnya masih seperti ini. Kok bisa uang rakyat setengah triliun disia-siakan dengan cara seperti ini,” kesal Giring.

Nyatanya proyek Sirkuit Formula E belum dikerjakan pada bulan Januari 2022 ini. Sebab, tender proyek baru saja dimulai.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro, Widi Amanasto.

“Ya. Tendernya sudah kami lakukan,” ujar Widi kepada wartawan pada Selasa (4/1/2022).

Jakpro akan memulai proses lelang tender secara terbuka untuk mencari kontraktor yang ditargetkan kelar akhir Januari 2022.

Dengan demikian, pengerjaan sirkuit akan dimulai pada awal Februari 2022 dan ditargetkan rampung pada April 2022.

Direktur Pengelolaan Aset Jakpro Gunung Kartiko mengatakan, biaya untuk pembangunan sirkuit ajang Formula E secara keseluruhan berasal dari kantong swasta.

Gunung menyebutkan sudah ada beberapa sponsor yang masuk di antaranya dari brand minuman, makanan, bank.

Sementara persiapan sirkuit, Jakpro sudah menyiapkan logistik untuk pembangunan sirkuit, mulai dari aspal, hingga fasilitas pendukung seperti barier, pagar, dan fasilitas lain untuk menjamin keselamatan para pembalap.

“Peralatan tersebut, sudah dibeli pada medio 2019-2020 dan tinggal dikirim ke lokasi pembangunan. Beberapa peralatan sudah berada di Cikarang” kata Gunung Kartiko. (fin).

  • Bagikan