DPMD Konut Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

  • Bagikan

Kepala Dinas DPMD Konut Hj. Halisa saat membuka kegiatan Bimtek program peningkatan kapasitas anggota BPD lingkup Kabupaten Konut.

WANGGUDU- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) lingkup Konawe Utara, Kamis (30/12/2021).

Bimtek bertujuan guna meningkatkan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM), serta lebih memahami tugas, dan tupoksi selama menjabat sebagai anggota BPD.

Kepala Dinas DPMD Konut, Hj. Halisa mengatakan, setiap anggota BPD masing-masing harus mampu berusaha mengetahui apa yang semestinya mereka kerjakan ketika sudah menduduki jabatan.

“Ketika dia sudah memahami tugasnya, berarti dia sudah akan merencanakan sendiri apa yang harus dia kerjakan, membantu kepala desa, mulai dari perencanaan, pembangunan dan segala macam yang menjadi tugas dan tupoksinya,” jelas Hj. Halisa.

Dia menambahkan, Bimtek tersebut dihadirkan beberapa materi, diantaranya mengenai regulasi, pengelolaan keuangan. Olehnya pihaknya menggandeng pihak Inspektorat Kabupaten Konawe Utara.

“Makanya kami gandeng Inspektorat untuk datang bersama-sama DPMD. Inspektorat punya materi juga tentang pengelolaan keuangan yang baik di desa,” terangnya.

Dia berharap anggota BPD yang telah mengikuti Bimtek bisa pulang di desa masing-masing untuk bekerjasama, serta bersinergi dengan Pemerintah Desa.

“Mengatur mulai dari RPJMD Desa kemudian tata kelola yang ada di desa harus dipahami,” tutupnya.

Diketahui kegiatan Bimtek tersebut berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 30-31 Desember 2021. (p3/b/aji)

  • Bagikan