Konawe Raya

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Bakal Jaring Kebutuhan Pembaca

Ameruddin

UNAAHA – Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Konawe berencana menjaring aspirasi para pembaca terkait reperensi buku yang diperlukan. Aspirasi ini diperlukan untuk menjadi bahan masukan kepada Dinas ini untuk menyediakan tambahan buku yang dimiliki.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Konawe yang baru, Ameruddin, saat dijumpai di ruang kerjanya akhir pekan lalu. “Kita berencana akan menarik aspirasi tentang buku-buku yang diperlukan dan perlu kita adakan, ” tuturnya.

Untuk rencana ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah akan menjaring arpirasi kalangan pelajar dan mahasiswa di Universitas yang ada di Konawe. Dengan terjaringnya aspirasi ini diharapkan animo para pelajar dan mahasiswa untuk berkunjung ke Perpustakaan semakin tinggi.

“Perpustakaan ini dekat dengan kampus Unilaki dan Perguruan Tinggi lainnya. Namun kita akui tingkat kunjungan pembaca masih minim. Jadi setelah kita ketahui dan kita adakan bahan bacaan yang dibutuhkan, kita harap perpustakaan ini akan jadi rujukan,” jelas pria yang akrab disapa Ame ini.

Mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Setda Konawe ini mengatakan, untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat, selain pengadaan reperensi bahan bacaan, Dinasnya kembali akan mengaktifkan perpustakaan keliling. Seluruh sekolah di Konawe bakal dikunjungi.

“Untuk sarana kita tidak perlu khawatir lagi. Kita sudah punya mobil perpustakaan. Tinggal kita jalankan kembali saja program ini, ” katanya.

Tak kalah penting, sebagai dinas yang baru, Dinas ini juga bakal memperhatikan tentang tata kelola kearsipan daerah. Dalam pelaksanaan kegiatan kantor yang semakin maju dan berkembang, maka semakin banyak pula data-data, berkas maupun arsip yang terkumpul dan disimpan karena masih mempunyai nilai guna. Sehingga perlu penyimpanan secara sistematis sehingga apabila dibutuhkan dapat diketemukan dengan mudah dan cepat.

Arsip sangat berperan penting dalam perjalanan kehidupan suatu kantor oleh karena itu untuk menjaga daur hidup arsip dari mulai tahap penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan pemindahan serta pemusnahannya, diperlukan sistem yang baik dan proses benar benar.

“Kearsipan memegang peranan bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber informasi, dan sebagai pusat ingatan bagi organisasi.

Demikian pentingnya arsip, oleh karena itu perlu dilakukan dengan prosedur yang baik dan benar didalam pengelolaan arsip, untuk menjaga daur hidup arsip itu sendiri mulai dari tahap penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan pemidahan serta pemusnahannya,” terangnya. (hdi/ian)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top