Headline

Golkar Optimistis Lolos Verifikasi

Ketua DPD Golkar Sultra Ridwan Bae (kiri), Ketua KPU Sultra Hidayatullah (kedua dari kiri) saat meninjau kantor Golkar Sultra, Minggu (28/1) dalam rangka verifikasi faktual.

KENDARI – Partai Golkar Sultra menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra dalam rangka verifikasi faktual, Minggu (28/1). Dalam kunjungan tersebut, KPU Sultra ingin memastikan kepengurusan partai yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Selain itu, keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan serta kepemilikan kantor turut diperiksa KPU Sultra.

Ketua DPD I Partai Golkar Sultra, Ridwan Bae menyambut baik verifikasi oleh penyelenggara. Dia mengaku sudah menunjukkan semua dokumen yang dibutuhkan oleh KPU Sultra. “Bahkan apa yang kami sampaikan sudah lengkap dan tidak ada satu pun yang kurang,” jelasnya.

Selain akan melakukan verifikasi faktual di tingkat provinsi, KPU juga akan melakukan verifikasi di tingkat kabupaten kota. Ridwan mengaku Golkar di kabupaten kota sudah siap menghadapi tahapan tersebut.

Ia bahkan optimistis partainya akan lolos pada tahap verifikasi ini. Rasa percaya diri mantan Bupati Muna ini bukan tanpa dasar.

“Kita kasi contoh saja di lima daerah otonomi baru (DOB) di Sultra. Di sana, Golkar sudah diverifikasi dan sudah lengkap. Yang DOB saja kami sudah lengkap bagaimana dengan yang lama. (Yang lama) pasti akan lebih lengkap lagi,” ungkapnya.

Anggota KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Moethalib menjelaskan verifikasi seperti ini akan dilakukan pada 12 partai politik yang jadi peserta Pemilu 2014. Ini didasarkan pada putusan Mahkamah Konstitusi.

Berdasarkan undang-undang, katanya, ke-12 partai itu sebenarnya tidak diverifikasi. “Tapi karena putusan MK mengharuskan ada perlakuan yang sama, maka KPU menjadwalkan 12 partai politik diverifikasi. Dan sekarang sedang kami lakukan di tingkat provinsi,” ulasnya.

Hasil verifikasi ini, katanya, akan disampaikan pada pimpinan partai pada 3 Februari 2018. Dalam penyampaian nanti, apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. (r1/b/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top