Konawe Raya

Progres Pembangunan Jalan Lingkar Terus Dipantau

Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT, bersama Kepala Dinas PU, Israwan Sulpa saat memantau progress jalan lingkar Pulau Wawonii beberapa waktu lalu.

LANGARA – Jalan lingkar Pulau Wawonii menjadi program prioritas pembangunan daerah itu oleh karenanya Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Ir H Amrullah MT terus mendorong sekaligus memantau perkembangan pembangunanya itu.

Dari 115 kilometer panjang jalan lingkar Pulau Wawonii, tersisa 100 kilometer lagi yang belum teraspal. Meski demikian Pemkab Konkep terus berupaya memaksimalkan pengaspalan di setiap ruas jalan Kabupaten.

“Untuk menuntaskan pengaspalan sisa 100 kilometer jalan lingkar yang ada, kita perkirakan membutuhkan anggaran sekitar 350 Miliar rupiah, untuk biaya pengaspalannya. Makanya pembuatan drainase kita tangguhkan dulu. Dialihkan ke pengaspalan jalan,” ungkap, Ir H Amrullah MT, Jum’at (26/1)

Ditanya apakah akan mampu menyelesaikan pengaspalan jalan lingkar di periode ke pemimpinannya. Mantan Kadis PU Konkep itu, enggan berspekulasi, ia mengaku hanya mampu melakukan pengaspalan setengah dari total 115 Kilomer panjang jalan lingkar Pulau Wawonii.

“Kita tinggal liat kondisi tanahnya yang stabil, untuk dilakukan pengaspalan jalan, terutama jalannya yang dasarnya bebatuan,” jelasnya.

Sementara itu lanjut, Ir H Amrullah MT. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), juga teranyar kabar akan menurunkan anggaran 6 miliar untuk pengaspalan jalan Langara – Lampeapi.

“Enam miliar itu akan pakai untuk pengaspalan jalan Provinsi Langara, Lampeapi. Kami sarankan dari jembatan Wungkolo menuju arah Langara,” terangnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Konkep, Israwan Sulpa berharap, ada dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK), yang bisa diturunkan, untuk mengaspal jalan di Pulau Wawonii.

“Saya berharap, DPRD Konkep juga bisa menyetujui progaram-program utama Dinas PU. Tetapi kami sebagai instansi terkait terus berupaya memaksimalkan anggaran yang ada. Walaupun harus menyesuaikan dengan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD),” ujarnya.

Meski belum teraspal semua jalan lingkar saat ini, Israwan mengaku sudah ada beberapa ruas jalan yang terus dikerjakan, seperti jalan Lansilowo – Palingi.

“Alhamdulillah jalan lingkar kita saat ini, sudah terbilang bagus. Meski belum teraspal semua. Tetapi kami terus berupaya untuk berikan yang terbaik,” tandasnya. (cr1/b/ian)

 

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top