Pilkada

APK Kandidat Gubernur Harus Diturunkan

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra memastikan kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra akan dimulai pada 15 Februari 2018. Pada saat kampanye dimulai, kandidat diminta untuk mencopot alat peraga kampanye (APK) yang telah terpasang.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan, dengan dimulainya kampanye maka APK bakal pasangan calon sudah tidak boleh lagi terpajang. KPU Sultra, katanya, akan menyiapkan APK bagi pasangan calon. Kandidat juga dibolehkan mencetak APK sesuai yang diatur dalam regulasi KPU. Kendati dibolehkan mencetak APK, namun kandidat harus melaporkan desain APK tersebut ke KPU.

“Jadi, APK yang boleh terpajang nanti hanya APK yang diadakan KPU dan APK yang diadakan pasangan calon yang sudah dilaporkan ke KPU. Selain dari itu, harus diturunkan,” jelasnya saat ditemui di Kendari, Kamis (25/1).

Menurutnya, apabila APK tidak diturunkan, Bawaslu Sultra bisa bertindak karena hal tersebut merupakan pelanggaran. “Kami juga akan meminta pasangan calon menurunkan APK. Kalau tidak mau, Bawaslu bisa bertindak. Karena ranah Bawaslu adalah menindak APK yang dibuat sendiri pasangan calon sebelum penetapan calon dilakukan,” ulasnya.

Hidayatullah mengatakan, APK pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang dipajang sebelum penetapan calon belum bisa diturunkan saat ini karena kandidat belum resmi menjadi calon kepala daerah. “Ketika sudah resmi jadi calon, kandidat harus menurunkan APK. Yang boleh terpajang adalah APK yang dibuat KPU dan APK yang dibuat pasangan calon yang sudah dikonsultasikan ke KPU. Di luar itu, tak boleh terpajang,” ungkapnya.

Selain APK yang harus diturunkan, kandidat juga harus menghentikan iklan kampanyenya di media massa ketika masa kampanye dimulai. Pemasangan kampanye di media massa, katanya, akan difasilitasi KPU Sultra dan waktunya pun sudah ditentukan.

Tahapan kampanye sendiri mulai dilaksanakan setelah penetapan pasangan calon dilakukan. Nantinya, KPU Sultra akan menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur pada 12 Februari 2018. Keesokan harinya, calon akan mencabut nomor urut. (*/a)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top