Pilkada

Timsel Cari Komisioner Berintegritas

KENDARI – Tim seleksi (timsel) Anggota KPU Sultra menegaskan akan menjalankan tugas dengan baik dalam merekrut calon komisioner KPU Sultra. Penegasan tersebut disampaikan Ketua Timsel KPU Sultra Dr Najib Husain saat dihubungi via telepon, belum lama ini.

Dalam bekerja nanti, pihaknya akan mencari calon Anggota KPU Sultra sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018 . Selain kriteria tersebut, mereka juga akan mencari komisioner yang siap bekerja, bukan siap belajar. “Karena yang terpilih nanti akan langsung melanjutkan tahapan pemilihan Gubernur Sultra,” jelasnya.

Najib menjelaskan, jabatan komisioner KPU Sultra yang ada saat ini akan berakhir disaat tahapan pesta demokrasi sedang berjalan. Oleh sebab itu, pihaknya akan memastikan kandidat komisioner yang terpilih nanti bisa langsung bekerja.

Oleh sebab itu, mereka akan mencari kandidat yang berpengalaman di bidang kepemiluan. “Tapi, tidak berarti yang bisa lolos ini hanya petahana. Kandidat di luar itu, tetap punya peluang menjadi komisioner. Karena yang namanya komunitas politik, tidak hanya di kelembagaan KPU, tapi di kegiatan- kegiatan lain,” ungkapnya.

Ada tiga hal yang akan dicari timsel saat seleksi nanti. Pertama, mereka akan mencari calon komisioner yang bisa bekerja profesional. Maksudnya, komisioner itu bisa melaksanakan tugas dengan kolektif kolegial.

Kedua, calon komisioner harus mandiri. “Maksudnya, tidak ada titipan, baik dari figur manapun maupun partai politik. Jadi memang dia harus benar-benar independen,” bebernya.

Yang ketiga, kandidat komisioner harus berintegritas. “Ini yang paling penting di antara yang lainnya,”pungkasnya. (*/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top