Metropolis

Reses, Yusran Silondae Sambangi KPUD dan Pemda Kolaka

KENDARI – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, saat ini sedang melakukan masa reses, guna turun menyerap aspirasi di daerah pemilihan masing-masing.

Senator asal Sultra Yusran Silondae, masa reses kali ini menyempatkan menyambangi KPUD Kolaka beserta dengan Pemerintah Daerah Kolaka. Kehadiran mantan Plt Gubernur Sultra tersebut sekaligus menjadi pembicara.

Yusran di hadapan peserta reses yang juga dihadiri Panwaslu Kolaka mengatakan, sebagai komisi yang membidangi pembangunan bidang politik, maka pihaknya punya tangggung jawab untuk menyampaikan perkembangan legislasi RUU bidang pengawasan yakni Pelaksanaan UU nomor 6 tahun 2014, tentang dana desa dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang difokuskan pada persiapan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 dan UU Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Pilkada Khusus.

Lanjut Senato Asal Sultra Yusran menjelaskan bahwa DPD RI pada 19 September 2017 sudah mengesahkan RUU tentang Daerah Kepulauan dan DPD RI telah menyerahkan kepada Presiden RI dan DPR RI pada 10 Oktober 2017 lalu.

“Jadi inspirasi lahirnya RUU tentang Daerah Kepulauan terutama berasal dari UUD 45 dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang belum berkomitmen terhadap terjadi keadilan bagi daerah-daerah kepulauan,” imbuhnya.

Terkait Bidang pengawasan yang diamatkan oleh UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Dana Desa, Yusran menjelaskan bahwa pengawasan penggunaan dana desa juga dilakukan oleh Masyarakat, Aparat Penegak Hukum, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), namun pengawasan akan lebih mempunyai makna jika dapat mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan program dan kegiatan dana desa, sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. (p3/b/put)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top