Headline

Bulog Sultra Bangun Gudang Rp 6 miliar di Koltim

Peletakan batu pertama pembangunan gudang bulog di Koltim oleh kepala Bulog Divre Sultra, Laode Amijaya Kamaluddin, Jumat (12/1)

TIRAWUTA – Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sultra membangun gudang penampungan di kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Hal tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gudang bulog yang diresmikan Bupati Koltim, Tony Herbiansyah didampingi kepala Bulog Divre Sultra, Laode Amijaya Kamaluddin bersama ketua DPRD Koltim, Rahmatia Lukman.

Kepala Bulog Divre Sultra, Laode Amijaya Kamaluddin mengatakan pembangunan gudan Bulog di Koltim memiliki kapasitas 2 ribu ton. Menurutnya hal ini dilakukan untuk menjamin harga hasil pertanian. “Kita bisa menampung gabah dan beras masyarakat termasuk jagung,” terang Amijaya, Jumat (12/1)

Gudang yang menelan anggaran APBN sebesar Rp 6 miliar ditarget rampung tahun ini. “Kami sudah target dalam tempo empat bulan gudang sudah bisa beroperasi,” katanya

Selain itu, Bulog Sultra mengapresiasi upaya Pemerintah kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang telah menyiapkan lahan untuk pembangunan tersebut. “Kita merasa berterimakasih kepada Pemda, mudahan kami bisa membuka peluang pasar yang baik di Koltim dan masyarakat petani bisa sejahtera,” katanya.

Dirinya juga menuturkan soal komoditi yang akan dibeli, pihaknya telah menetapkan akan membeli gabah padi dan jagung. “Kalau pun ada bawang dan cabe kita juga siap menerima namun yang kita utamakan pangan pokok,” ucapnya.

Sementara itu, soal harga pihaknya mengaku akan bersaing dengan harga pasar. “Kami tidak akan pernah mengambil tanaman dibawah harga pasar. prinsip pembelian kami tetap memberikan ruang kepada petani. Kalau jagung kami beli dengan harga per kilo itu sebesar Rp 3150 dengan kadar air dibawah 15 persen. Harga ini sudah paling efektif serta bisa menggairahkan bagi para petani untuk menanam kembali,” cetusnya.

Amijaya pun optimis dengan adanya gudang bulog ini pihaknya siap menjamin pasar tetap bagi komoditi seperti padi jagung dan tanaman lainnya.

Sementara itu, Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengapresiasi upaya Bulog Sultra membangun gudang di Koltim. Menurutnya Pemda menyiapkan lahan untuk pembangunan gudang bulog di Koltim untuk menjamin pemasaran hasil pertanian utamanya padi dan jagung.

“Ini nanti bisa menampung hasil pertanian petani selain itu bisa memutus rantai harga tengkulak sehingga harga bisa bersaing,” harapnya.(*/a)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top