Rakyat Sultra Online

Pendidikan

Galeri Investasi Syariah BEI Hadir di UMK

Peresmian Galeri Investasi Syariah BEI di UMK, Kamis (11/1)

KENDARI – Perluas jangkauan pemasarannya hingga ke Kota Kendari, MNC Sekuritas meresmikan Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia (BEI) di Universitas Muhammadiyah Kendari, Kamis (11/1). Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Rektor II UMK Mustam AR SP MM, bersama Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan, dan Head of Sharia Business and Development MNC Sekuritas Sutrisna Amijaya, yang disaksikan oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sultra Mohamad Fredly Nasution.

Diungkapkan Sutrisna, hadirnya Galeri Investasi Syariah di UMK ini karena melihat perkembangan ekonomi syariah Indonesia berjalan semakin pesat dari tahun ke tahun. Fenomena itu ditanggapi secara positif juga oleh Manajemen MNC Sekuritas dengan peluncuran sistem perdagangan saham online berbasis syariah yaitu MNC Trade Syariah.

“Itulah sebabnya, sehingga Manajemen MNC Sekuritas juga secara aktif meningkatkan point of sales Galeri Investasi Syariah,” katanya.

Dengan peresmian Galeri Investasi Syariah BEI di UMK, jelasnya, MNC Sekuritas telah memiliki total 15 Galeri Investasi Syariah di berbagai wilayah Indonesia. Secara nasional, MNC Sekuritas telah memiliki 103 point of sales. Jaringan yang luas, produk yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, serta inovasi pelayanan bagi nasabah menjadi wining factor MNC Sekuritas di antara perusahaan sekuritas lainnya di Indonesia.

Sementara, Wakil Rektor II UMK Mustam AR SP MM, mengatakan, hadirnya galeri ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa khususnya jurusan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI). Serta, menjadi sarana dalam pengembangan catur dharma perguruan tinggi yang ada di UMK.

“Artinya, tidak hanya bermanfaat bagi pendidikan dalam lingkup kampus saja, tetapi juga pengabdian masyarakat,” terang Mustam saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Dimana, lanjut dia, mahasiswa bisa memberi edukasi lebih kepada masyarakat terkait investasi berdasarkan ilmu yang telah diperoleh dari Galeri Investasi Syariah tersebut. Pasalnya, perkembangan teknologi semakin berkembang dengan pesat yang jika tidak disikapi dengan peningkatan kualitas pengetahuan dan teknologi, termasuk masyarakat. Maka, daerah ini atau Indonesia akan tertinggal jauh dengan bangsa – bangsa lain.

“Sehingga kami sangat bersyukur akan hadirnya kegiatan ini, diharapkan Galeri Investasi Syariah dapat menjadi pemicu dan pemacu kreatifitas – kreatifitas kedepan,” ucapnya.

Adapun Direktur PT Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan, mengungkapkan, peresmian Galeri Investasi Syariah BEI di UMK merupakan yang pertama pada tahun 2018 ini dan menjadi yang ke 324 Galeri Investasi di seluruh Indonesia, dan menjadi Galeri Investasi Syariah yang ke – 43.

“Kita tahu, pendirian Galeri Investasi dan Galeri Investasi Syariah diarahkan untuk edukasi kepada masyarakat kampus baik mahasiswa, dosen, maupun karyawan kampus,” tuturnya.

Lebih jauh lagi, masih Nicky, menjadi sarana kepada kalangan kampus untuk menjadi investor atau membuka rekening dan melakukan transaksi jual beli saham. Selain itu, dia menjelaska, galeri yang ada di UMK ini terbuka untuk umum artinya, masyarakat yang tertarik menjadi investor, membeli saham, dan berinvestasi, bisa berkunjung ke galeri investasi ini.

“Sementara, tujuan utama kita dengan adanya galeri ini ialah untuk mengedukasi baik warga kampus maupun masyarakat umum untuk mengenal lebih jauh dan mengetahui arti sebenarnya dari investasi. Karena pada umumnya, orang mengenal investasi itu, mahal, susah, beresiko, dan tidak syariah,” terangnya.

Pemahaman itu, kata dia, harus ditinggal inilah pentingnya Galeri Investasi Syariah BEI, dimana untuk menjadi investor dengan Rp 100. 000 pun orang sudah bisa buka rekening. Mulai beli saham di reksadana, membeli saham itu paparnya, bertujuan untuk investasi jangka panjang.(*/a)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top