Syarat Dukungan Belum Lengkap, MSM Resmi Daftar di KPU – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Syarat Dukungan Belum Lengkap, MSM Resmi Daftar di KPU

Muliati Saiman bersama pasangannya Saat Mendaftar.

UNAAHA – Meski masih tersandung syarat dukungan yang belum lengkap, Pasangan bakal calon Bupati dan wakil bupati Konawe Periode 2018 – 2023 jalur independen, Muliati Saiman – Mansur tetap mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe. Pasangan ini menjadi pasangan ketiga yang mendaftar sebagai bakal calon.

Muliati Saiman – Mansur tiba di KPUD Konawe sekitar pukul 10.20 Wita. Muliati didampingi oleh suami Laode Aziz dan ribuan simpatisan pendukung. Pasangan inipun diterima langsung oleh Komisioner KPUD Konawe dan Panwaslu.

Pada pendaftaran ini, pasangan calon mendapat kendala pada administrasi berkas calon yang belum dimiliki oleh Wakilnya, Ir Mansur. Pada proses perivikasi, Mansur belum menyetorkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Selain LHKPN yang belum ada, Mansur juga belum memiliki surat penyataan tidak sedang dinyatakan pailit. Karena belum memiliki dua dokumen ini, Mansur harus terlebih dahulu membuat pernyataan.

“LHKPN untuk wakilnya belum ada kalau Muliati lengkap. Olehnya itu kita konfirmasi ke KPK dan KPK menyarankan untuk yang bersangkutan membuat surat pernyataan karena sementara berproses,” ucap Ketua KPUD Konawe, Sarmadan.

Untuk dokumen tidak sedang dinyatakan pailit juga dilakukan demikian. Mansur membuat pernyataan sedang diproses. Selanjutnya yang bersangkutan harus segera menyerahkan pada masa perbaikan.

“Kita beri kesempatan mereka untuk menyerahkannya pada masa perbaikan. Jika tidak diserahkan pasangan ini kita coret dan nyatakan tidak memenuhi persyaratan, ” terang Komisioner KPUD Konawe, Ulil Amrin.

Selain dua dokumen tersebut, sebelumnya, pasangan ini masih harus melengkapi syarat dukungan suara. Dimana pada pleno syarat dukungan perseorangan, dari syarat minimal dukungan 16.677. Pasangan ini baru memperoleh dukungan 15.444 suara sehingga masih kurang 1.233 suara.

Menanggapi persoalan ini, Muliati Saiman bersama dengan Mansur siap melengkapi persyaratan calon. Sehingga siap bertarung di Pilbup dan memenangkan pertarungan tersebut. “InsyaAllah kita lengkapi segera, ” kata Salah satu perwakilan gender tersebut. (hdi/ian)

Click to comment
To Top