Sempat Tersandung Administrasi, Pendaftaran Berhijrah di KPU Mulur – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

Sempat Tersandung Administrasi, Pendaftaran Berhijrah di KPU Mulur

Devisi Teknis KPUD Konawe saat melakukan konfirmasi di pusat terkait sk kepengurusan PBB Konawe

UNAAHA – Proses pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Periode 2018 – 2023 untuk pasangan Irawan Laliasa – Adi Jaya Putra di hari ketiga, Rabu (10/1) memakan waktu lama. Pasalnya, dalam proses perivikasi berkas bakal calon, ditemukan ketidak sesuai administrasi bakal calon.

Kendala administrasi ini ditemukan pada salah satu syarat B1 KWK. Dimana SK partai pengusung yakni Partai Bulan Bintang (PBB) tidak sesuai dengan data di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sesuai data yang ada di KPU RI, SK kepengurusan PBB dijabat oleh H Alaudin sebagai Ketua dan Dalton sebagai sekertaris. Sementara SK kepengurusan yang diserahkan oleh Tim Pemenangan pasangan Berhijrah sekretaris PBB ditanda tangani oleh Ahmadi.

Adanya ketidak sesuaian kepengurusan ini, membuat proses perivikasi terhenti dan molor sampai dua setengah jam. Dalam selang waktu ini, KPUD Konawe melakukan kontak untuk mempertanyakan kepengurusan yang sah.

“Kita melakukan konfirmasi ke pihak DPP PBB, mereka menyatakan jika sekretaris dijabat Dalton. Sesuai Per KPU juga seperti itu. Olehnya sampaikan kepada PBB untuk memanggil saudara Dalton,” ungkap Ketua KPUD Konawe, Sarmadan.

Sarmadan mengatakan, sesuai syarat yang ditentukan saat melakukan pendaftaran bakal calon, pasangan yang mendaftar harus menghadirkan ketua dan sekretaris partai pengusung.

“Sebenarnya meski tidak diijutkan PBB dalam perivikasi, Berhijrah tetap bisa maju karena Kursi legislatif tetap mencukupi syarat. Tapi saudara Dalton bersedia hadir sehingga SK yang diserahkan ditarik dan digantikan dengan tandatangan Dalton, ” jelasnya.

Setelah waktu yang lama tersebut, KPUD Konawe akhirnya menyatakan syarat administrasi Pasangan Berhijrah lengkap. Kemudian selanjutnya siap melakukan tes Narkoba pada 12 Januari dilanjutkan tes kesehatan tanggal 13. (hdi/ian)

Click to comment
To Top