Kurang RKB, Laboratorium Digunakan untuk PBM – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Kurang RKB, Laboratorium Digunakan untuk PBM

Sabil

KENDARI- Kurangnya Ruang Kelas Belajar (RKB) di SMPN 12 Kendari, mengharuskan sekolah tersebut menggunakan laboratorium Komputer dan IPA untuk proses belajar mengajar (PBM). Diketahui, sekolah yang kini dipimpin Sabil tersebut memiliki 21 RKB sedangkan rombongan belajar yang ada sebanyak 23.

“Saat ini kami memiliki 21 RKB, adapun rombongan belajar yang ada ialah 23, artinya kami masih membutuhkan 12 RKB lagi,” tegas Kepala SMPN 12 Kendari Sabil, Rabu (10/1).

Untuk memaksimalkan proses belajar mengajar, lanjut dia, pihaknya menggunakan laboratorium IPA dan Komputer sebagai ruang kelas. Meskipun demikian, proses pembelajaran disekolah itu tetap berjalan, mengingat peserta didik tetap perlu mendapat pendidikan secara maksimal.

“Artinya, jangan sampai keadaan yang ada sekarang mengakibatkan siswa – siswi kurang mendapat ilmu dari sekolah sebagai satuan pendidikan,” katanya.

Berdasarkan informasi, masih dia, pihak sekolah akan mendapat bantuan tiga RKB pada tahun ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sabil berharap, bantuan tersebut dapat segera terealisasi. Pasalnya, ketersedian ruang kelas yang cukup mendukung terciptanya proses belajar mengajar yang baik.

“Dengan kata lain kualitas pendidikan pun dapat terjaga bahkan diharapkan dapat meningkat, sehingga bisa membanggakan nama daerah ini,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Sartini Sarita, menuturkan, persoalan RKB yang ada di Kendari terus diupayakan agar dapat terselesaikan. Tetapi untuk diketahui, hal tersebut tidak bisa dilakukan sekaligus melainkan bertahap sesuai kemampuan daerah.

“Kita harapkan persolan itu segera tuntas, namun perlu dilakukan secara bertahap. Artinya, melihat sekolah mana yang lebih membutuhkan dulu,” tandasnya.(*/a)

Click to comment
To Top