Nelayan Kolaka Dilarang Melaut – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Nelayan Kolaka Dilarang Melaut

nelayan memutuskan untuk tidak melaut dan mengamankan perahunya. Mengantisipasi terjadinya cuaca buruk.

KOLAKA – Basarnas Kolaka mengimbau para nelayan yang ingin melaut agar lebih berhati-hati. Pasalnya, saat ini cuaca di perairan laut Kolaka kurang bersahabat.

“Kami minta agar nelayan terutama yang menggunakan perahu kecil untuk berhati-hati, kalau perlu tak usah melaut. Sebab cuaca saat ini kurang bersahabat,” ujar Koordinator Pos Basarnas Kolaka, Andi Muhammad Akbar, Jumat (29/12).

Dikatakan Akbar, saat ini ketinggian gelombang laut mencapai satu hingga dua meter. Sedangkan angin kencang bertiup dikisaran 17 hingga 23 knot. Dengan kondisi tersebut, sangat beresiko apabila nelayan tetap hendak ingin melaut. Kondisi ombak yang tinggi kata Akbar, dapat mengakibatkan kapal atau perahu terbalik.

“Karena itu, kami imbau kepada nelayan agar mengikuti informasi dari pihak terkait maupun Badan Meteorologi yang ada di Kolaka,” katanya.

Menurutnya, Basarnas Kolaka akan selalu siap siaga apabila terjadi bencana baik di darat, laut maupun udara. “Personil kami yang berjumlah 20 orang selalu siap siaga. Semuanya selalu siap dengan kondisi apapun,” tegas Akbar.

Sementara itu, salah seorang nelayan mengaku, paceklik ikan sudah dirasakan nelayan sejak seminggu terakhir. Hal itu disebabkan karena buruknya cuaca sehingga nelayan memilih untuk menghentikan sementara aktifitas melaut.

“Kami saat ini masih takut melaut, angin kencang bahkan ombak pun tinggi. Kami tidak mau mengambil resiko mencari ikan dilaut,” kata Burhanuddin.

Menurutnya, cuaca buruk yang terjadi saat ini tidak dapat dipastikan kapan berakhir. Namun, dia memprediksikan gelombang tinggi akan berakhir pada pertengahan Maret mendatang.

“Paling pertengahan Maret, nelayan baru berani melaut. Kalau untuk saat ini tidak ada yang berani melaut. Berani pun cuma di tepi, tentunya daerah yang terlindungi pulau,” ringkasnya. (p7/b/efn)

Click to comment
To Top