Pilkada

Berkas PBB, Idaman dan PKPI Masih Teliti

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, hingga kini masih menyelesaikan penelitian faktual tiga partai politik (parpol). Ketiga parpol tersebut adalah Partai Idaman, PBB, dan PKPI.

Komisoner KPU Kota Kendari, Zainal Abidin mengatakan, ketiga parpol itu telah menyerahkan syarat perbaikan administrasi ke KPU. Katanya, pasca-penelitian faktual, KPU akan melakukan penginputan data melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Kalau sudah diinput di Sipol, maka KPU akan mengecek nama-nama yang ganda kepengurusan parpol,” terangnya, Kamis (21/12).

Setelah teridentifikasi pengurus ganda, kata Zainal, pihaknya akan turun lapangan menanyakan langsung kepada pengurus parpol bersangkutan terkait keabsahan keanggotaannya apakah di parpol A atau parpol B.

“Jika tak ada aral, kami akan turun melakukan verifikasi faktual parpol pada 26 Desember mendatang. Verfikasi ini kami akan lakukan secara acak. Kami juga akan mengecek keterwakilan 30 persen pengurus perempuan dalam satu parpol,” jelasnya.

Sekadar diketahui, KPU beberapa waktu lalu sudah mengumumkan 12 partai politik yang melaju ke tahap verifikasi faktual sebagai calon peserta pemilu legislatif 2019. Ke-12 parpol itu yakni, Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI-P, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, dan PKB. (p3/b/aji)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top