Pilkada

KPU Ingatkan Calon Petahana Tak Lakukan Mutasi Jelang Pilkada

UNAAHA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe mengingatkan kepada calon bupati petahana untuk tidak melakukan mutasi pejabat jelang Pemilihan Bupati Konawe Tahun 2018. Calon petahana hanya bisa melakukan mutasi jika disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Warning terhadap calon petahana ini disampaikan oleh Ketua KPUD Kabupaten Konawe, Sarmadan disaat rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten, Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan instansi lintas sektoral lainnya akhir pekan lalu.

Sarmadan mengatakan bagi Bupati dan Wakil Bupati yang maju kembali sebagai calon kepala daerah ini tidak bisa melakukan mutasi sejak enam bulan sebelum dan enam bulan sesudah Pilkada. Meski demikian, Incumben bisa saja melakukan mutasi diluar dari ketentuan itu, jika sepengetahuan Mendagri.

“Aturan mengatur demikian, sehingga kami imbau untuk tidak melakukannya. Jika tetap melakukan apalagi tanpa persetujuan Mendagri, kita mempunyai kewenangan untuk mencoret incumbent dari daftar calon, ” tegas Sarmadan.

Selain menghimbau calon incumbent, KPUD Konawe meminta partai politik ( Parpol ) segera menyiapkan persyaratan bakal pasangan calon yang diusung partai yang bersangkutan. Mengingat pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah segera dilaksanakan pada Januari mendatang.

Dimana sesuai jadwal pendaftaran pasangan bakal calon akan dimulai tanggal 8 -10 Januari 2018. Penetapan pasangan calon tanggal 12 Februari 2018. Serta pencabuatan nomor urut pasangan calon dilakukan pada tanggal 13 Februari.

Untuk masa kampanye berlangsung pada 15 Februari 23 Juni 2018. Dalam masa kampanye tersebut, KPU Konawe menghimbau kepada partai pengusung pasangan calon ( Paslon ) untuk tidak melibatkan ASN, TNI / POLRI dalam kepengurusan tim kampanye untuk mencegah pelanggaran pilkada. (hdi/ian)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top