Rendahnya Produksi Durian Lokal Jadi Perhatian – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Headline

Rendahnya Produksi Durian Lokal Jadi Perhatian

Suharjo

KENDARI – Produksi durian dalam negeri masih rendah dan tidak mencukupi kebutuhan konsumen. Hal ini ditandai dengan masuknya buah impor dari beberapa negara, seperti Malaysia dan Thailand. Ini mendapat perhatian Suharjo, yang dalam promosi doktornya di UHO Kendari beberapa waktu lalu, melakukan penelitian terkait peningkatan bibit unggul durian lokal.

Dalam tulisannya, Suharjo, menuturkan peningkatan produksi bibit durian lokal perlu dilakukan mengingat prospek durian makin besar dimasa mendatang. Untuk itu, pentingnya produksi melalui peningkatan produkai durian di Indonesia.

Dirinya yang telah menyelesaikan pendidikan S3 Jurusan Ilmu Pertanian Konsentrasi Agronomi di UHO Kendari ini, memaparkan, salah satu upaya peningkatan produksi durian ialah melalui penggunaan bibit bermutu.

“Dengan adanya peningkatan produksi, maka kebutuhan akan bibit unggul bermutu semakin tinggi,” ungkapnya.

Pria kelahiran Kolaka 12 Desember 1964, menambahkan, salah satu faktor penting dalam pengelolaan budidaya tanaman buah – buahan tersebut adalah penggunaan bibit bermutu baik, terutama dari hasil pembiakan vegetatif.

Grafting, tambah dia, adalah teknik menyatukan pucuk yang berfungsi sebagai calon batang atas dengan calon batang bawah, sehingga dapat diperoleh batang baru yang memiliki sifat – sifat unggul. Keunggulan teknik ini, masih Suharjo, yakni lebih mudah dan lebih cepat pengerjaannya,serta tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

Adapun tujuan penelitian ini, katanya, untuk mengkaji pengaruh interaksi perlakuan sumber batang atas dan lama simpan batang atas terhadap kandungan makromolekul dan auxin, keberhasilan, dan kompatibilitas sambungan.(*/b)

Click to comment
To Top