Pendidikan

Kreatif, Fekon Unsultra Juara Lomba Male

Rektor bersama pemenang lomba male dalam rangka peeringatan maulid Nabi Muhammad SAW, sabtu (16/12)

KENDARI – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) memperingati maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung meriah. Pasalnya, perayaan maulid dirangkaikan dengan perlombaan male (telur hias) antar fakultas, sekaligus menghadirkan dua juri dari Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yaitu Prof Dr Ir Hj Husna Faad MP dan Dr Ir Hj Sitti Leomo, Sabtu (16/12).

Saat di mintai keterangan, Prof Andi Bahrun selaku Rektor Universitas Sulawesi Tenggara mengatakan, peringatan maulid yang dirangkaikan dengan lomba male merupakan bentuk rasa syukur umat islam kepada Allah SWT dan sebagai bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Bahkan untuk lebih menyemarakkan kegiatan maulid, pihaknya mengadakan lomba male antar fakultas. Hasilnya, Fakultas Ekonomi (Fekon) keluar sebagai juara pertama, disusul Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ditempat kedua dan Fakultas Teknik sebagai juara ketiga.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan lomba male bukan untuk mencari pemenang, melainkan sebagai ajang silaturahmi antar mahasiswa, pegawai dan dosen lingkup Unsultra.

“Pemenang bukanlah segalanya, tetapi melalui kegiatan ini terjalin rasa kebersamaan, rasa persaudaraan dan persatuan seluruh civitas akademika Unsultra,” ungkap Rektor yang belum lama ini terpilih kembali secara aklamasi sebagai Rektor Unsultra di periode kedua itu.

Katanya, keharmonisan merupakan salah satu syarat mutlak yang harus selalu hidupkan di Unsultra.

“Membangun kebersamaan itu mahal, tetapi melalui kegiatan peringatan maulid yang dirangkaikan dengan perlombaan male ini bisa terbina dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu juri lomba male, Prof Dr Ir Hj Husna Faad MP sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Unsultra untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus merangkaikannya dengan lomba male.

“Ini sangat baik, guna menjalin silaturahmi dan membangun keharmonisan di Unsultra. Apalagi, setiap fakultas berlomba menujukkan kreatifitasnya dalam menghias male, ini menunjukkan bahwa Unsultra telah berhasil membangun kebersamaan disana,” ujar Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo (UHO) tersebut.

Ia berharap, melalui perayaan maulid dan perlombaan male bisa lebih mempererat rasa kebersamaan dan persaudaraan di Unsultra.

Kegiatan maulid Unsultra bertajuk “Meneladani Akhlaq Nabi Muhammad SAW untuk Mewujudkan Generasi Unggul dan Berintegritas”. (p11/b/efn)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top