Sekolah Kejuruan Kekurangan Sarana – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Sekolah Kejuruan Kekurangan Sarana

Abd Rahman J Garusu

KENDARI – Kemajuan kualitas pendidikan tidak hanya terfokus pada guru atau pendidik saja, tetapi ketersediaan sarana dan pra sarana pun mempengaruhi produk-produk pendidikan dalam hal ini peserta didik. Sayangnya, ketersediaan sarana di beberapa sekolah di Kendari belum memadai. Seperti di SMKN 5 Kendari yang saat ini perlu menjadi perhatian mengingat sekolah tersebut adalah sekolah kejuruan.

“Sarana dan prasarana di sekolah ini memang belum bisa dikatakan standar, tetapi hal itu tidak menghalangi siswa untuk belajar. Kita memaksimalkan fasilitas yang ada,” jelas Kepala SMKN 5 Kendari Abd Rahman J Garusu, Jumat (15/12).

Berbicara fasilitas pendukung, ungkap dia, pihaknya memang sangat memerlukan berbagai peralatan dalam mendukung pelajaran terutama praktik. Di antaranya, jurusan pertanian yang seharusnya memiliki kolam teknis namun hingga kini kolam tersebut belum ada, jika pun tersedia tidak memenuhi standar.

“Untuk jurusan pertanian masih kurang alat-alat pengolahan hasil pertanian, seperti produksi tanaman, green house, serta traktor,” katanya saat ditemui diruang kerjanya.

Sebelumnya diberitakan, SKN 5 Kendari tengah melakukan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tetapi Abd Rahman, menuturkan, pihaknya kekurangan komputer, adapun listrik dan jaringan sudah terpenuhi, server sendiri akan dipasang dalam waktu dekat.

Saat ini, lanjut dia, komputer yang tersedia ialah berjumlah 6-7 unit sementara jumlah siswa yang akan ujian sekitar 104 orang. Artinya masih butuh banyak komputer untuk memenuhi persyaratan pelaksanaan UNBK. Sebagai langkah awal, pihaknya akan meminjam komputer dari guru ataupun siswa serta memaksimalkan Dana Operasional Sekolah (BOS).

Memang, ada beberapa sekolah yang mendapat bantuan komputer dari pemerintah, tetapi kami sendiri tidak mendapatkan bantuan. Inilah yang perlu menjadi catatan pemerintah bahwa kami harap jangan hanya sekolah yang memiliki siswa banyak yang mendapat bantuan,” harapnya.(m2/b/alp)

Click to comment
To Top