Ilmu Lingkungan UHO Kembangkan Kurikulum Baru – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Ilmu Lingkungan UHO Kembangkan Kurikulum Baru

Dr Lies Indriyani, SP MSi

KENDARI – Jurusan Ilmu Lingkungan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) terus berbenah guna menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing. Salah satu terobosannya yaitu dengan melakukan pengembangan kurikulum baru, mengenai kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang beriorentasi pada pengelolaan lingkungan di wilayah pedesaan, pesisir dan pulau-pulau kecil.

Dr Lies Indriyani, SP MSi, Ketua Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO mengatakan, revisi kurikulum itu harus dilakukan demi menciptakan SDM yang lebih baik, apa lagi pengembangan kurikulum yang akan di rencanakan berjalan pada tahun ajaran 2018/2019.

“Inilah salah satu target mengejar nilai agreditas Jurusan Ilmu Lingkungan, karena itu juga merupakan salah satu visi Universitas yang akan menjadikan program-program studi unggul di UHO yang menghasilkan SDM yang cerdas konfrehensif dalam bidang pengelolaan lingkungan diwilayah pesisir dan pedesaan kecil pada tahun 2023 mendatang.”

Saat ditemui diruang kerjanya pada, (7/12). katakannya, dalam pengembangan kurikulum yang dilakukan Jurusan Ilmu Lingkungan di hadirkan Prof Hartono DEA., DESS yang menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Gadja Madha (UGM) dan Dr. Fahinu, M.Pd yang memberikan materi tentang pengembangan kurikulum untuk Jurusan Ilmu Lingkungan menuju reakreditas.

Selain itu, ia menuturkan, dalam refisi pengembangan kurikulum ini melibatkan stakeholder dari istansi terkait baik negeri maupun pihak swasta, antara lain Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tenggara, BMKG Kota Kendari, Taman Nasional Rawa Aopa (TNRA), Same Hotel dan Perusahaan pertambangan, dan lainnya.

“Jadi dikegiatan lokakarya yang dilaksanakan dua hari itu, pada 5 Desember hingga 6 Desember 2017 kami melibatkan beberapa stakeholder yang terkait dengan tujuan kedepan kami akan mengirim mahasiswa mahasiswi kami untuk magang di istansi tersebut dengan harapan lebih meningkatkan SDM dan kualitas mahasiswa ilmu lingkungan di bidang pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (p11/b/efn)

Click to comment
To Top