Bappeda Gandeng OPD Bentuk Tim Monev Terpadu – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Bappeda Gandeng OPD Bentuk Tim Monev Terpadu

Tim Monev Terpadu saat monitoring irigasi Lampeapi, Selasa (5/12)

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya memaksimalkan pembangunan program Monitoring dan Evaluasi (Monev) di daerah itu, oleh karenanya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konawe Kepulauan (Konkep) berinisiatif membentuk Tim Monev terpadu yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Monev kali ini tidak dilakukan per masing-masing OPD seperti Tahun-tahun sebelumnya, tetapi dilakukan secara terpadu menggadeng semua Dinas-dinas terutama yang memiliki program pembangunan infrastruktur.
Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Pendanaan dan Pembangunan Daerah Bappeda Konkep, Ahmad Nur SSos usai monitoring, Selasa (5/12) mengatakan bahwa inisiatif pembentukan monev terpadu ini, dilakukan untuk menumbuhkan pemahaman yang sama, terhadap program pembangunan yang perlu ditindak lanjuti berdasarkan monitoring dan evaluasi di lapangan.
“Tidak adanya data dan informasi dalam bentuk dokumen dari OPD saat monitiring, sehingga Bappeda mengambil inisiatif melalui proyek perubahan diklat pim III untuk membentukan tim terpadu lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dalam upaya evisiensi dan efektitas pelaksanaan pengendalian, monitoring dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Konawe Kepulauan,” jelasnya.
Langkah pembentukan tim Monev terpadu ini kata Ahmad Nur diyakini bisa lebih efektif dan efisien dibanding jika Monev dilakukan di masing-masing dinas.
“Dari sisi anggaran ini akan lebih efisien, ketimbang dilakukan per OPD masing-masing, juga lebih efektiv karena melibatkan semua OPD sehingga dijamin tidak akan terjadi tumpang tindih kegiatan dari satu dengan yang lain,” terangnya.
“Program ini akan terus berlanjut seterusnya. Ini baru tahap awal, akan dilanjutkan di Tahun 2018, sekarang Peraturan Bupatinya sementara digodok,” tambahnya.
Oleh karenanya ia berharapa kepada semua Dinas bisa berpartisipasi terkait dengan pelaksanaan monitoring terpadu, karena itu sangat berpengaruh besar bagi pembangunan daerah.
“Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik sehingga program pembangunan bisa berjalan dengan baik,” tandasnya. (cr1/b/ian)

Click to comment
To Top