SMKN 5 Kendari Butuh Bantuan Komputer – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

SMKN 5 Kendari Butuh Bantuan Komputer

KENDARI – SMKN 5 Kendari tengah mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk 2018 mendatang, Sayangnya, jumlah komputer yang dibutuhkan masih sangat minim. Meskipun persiapan lainnya telah selesai.

Kepala SMKN 5 Kendari Abd Rahman J Garusu, Rabu (6/12) mangaku telah menyediakan sarana dan prasarana mulai kesiapan server, listrik, dan jaringan, ini diungkapkan

“Terkait UNBK, kita terkendala di komputer terlebih SMKN 5 Kendari ini tidak mendapat bantuan dari pemerintah, adapun listrik dan jaringan sudah terpenuhi, server sendiri akan dipasang dalam waktu dekat,” kata Abd Rahman.

Saat ini, lanjut dia, komputer yang tersedia ialah berjumlah 6-7 unit sementara jumlah siswa yang akan ujian sekitar 104 orang. Artinya masih butuh banyak komputer untuk memenuhi persyaratan pelaksanaan UNBK. Sebagai langkah awal, pihaknya akan meminjam komputer dari guru ataupun siswa serta memaksimalkan Dana Operasional Sekolah (BOS).

“Memang, ada beberapa sekolah yang mendapat bantuan komputer dari pemerintah, tetapi kami sendiri tidak mendapatkan bantuan. Inilah yang perlu menjadi catatan pemerintah bahwa kami harap jangan hanya sekolah yang memiliki siswa banyak yang mendapat bantuan,” harapnya.

Tetapi, sambung dia, sekolah kecil seperti SMKN 5 Kendari pun perlu diperhatikan. Untuk diketahui, sejak pertamakali menerima siswa baru yakni tahun 2009, sekolah ini baru satu kali mendapat bantuan itupun dari APBN dalam hal ini Direktorat Pembinaan SMK.

“Apalagi setelah pengurusan SMA/SMK beralih ke provinsi itu sangat terasa, dimana saat berada di bawah naungan kota kami masih mendapat bantuan rutin tetapi sekarang sudah tidak ada. Jadi sekarang kami memaksimalkan dana yang ada seperti dana BOS untuk melengkapi sarana dan pra sarana,” paparnya.

Abd Rahman, juga mengungkapkan, agar hal tersebut bisa menjadi perhatian dan pertimbangan bagi pemerintah apalagi SMKN 5 Kendari merupakan sekolah yang terbilang baru dan masih perlu berkembang. Dengan adanya bantuan oleh pemerintah tentu menjadi upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Ibu Kota Sultra ini.(*/a)

Click to comment
To Top