Peningkatan Bibit Durian Antar Suharjo Promosi Doktor – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Peningkatan Bibit Durian Antar Suharjo Promosi Doktor

Suharjo

KENDARI – Melihat populasi durian yang semakin hari semakin berkurang, membuat Suharjo melakukan penelitian untuk meningkatkan bibit durian khususnya untuk paritas yang ada di Sultra.Hal itu pula yang mengantar Suharjo promosi doktor dari jurusan Ilmu Pertanian Konsentrasi Agronomi Universitas Halu Oleo (UHO).

Dengan mengangkat judul Optimalisasi Peran Batang Atas Untuk Meningkatkan Keberhasilan Sambungan Dan Pertumbuhan Bibit Durian. Suharjo, mengatakan, penelitan tersebut bertujuan untuk menggali potensi – potensi daerah terkait paritas lokal durian yang sudah ditingalkan masyarakat, karena ketidaktahuan masyarakat dan juga sudah terjadi kelangkaan terkait tanaman berduri tersebut.

“Perlu diketahui, tanaman durian kita ini sangat luar biasa dan di Sultra ini kita memiliki dua paritas unggul yakni paritas BU dan Wanggudu,” jelasnya.

Akan hal tersebut, dirinya akan konsen melakukan kajian lebih dalam. Dia, menambahkan, bahwa paritas durian di Sultra tidak kalah dengan paritas luar, dimana Sultra memiliki paritas durian dengan kualitas yang sangat baik. Sayangnya, sekarang ini populasinya semakin hari semakin berkurang, kemungkinan karena pengaruh usia dan sebagainya.

“Inilah yang perlu kita kembangakan, baik dari rasa, dan ketebalan daging. Durian di Sultra tidak kalah dengan durian yang ada di luar kota maupun luar negeri, bahkan durian thailand pun bisa kalah,” ungkap Suharjo, Rabu (6/12).

Dari keberlanjutan penelitian ini, dirinya akan terus mengembangkan riset dan penelitian yang kemudian akan diperuntukkan kepada praktisi pertanian seperti petani – petani khususnya petani durian demi pertumbuhan bibit durian unggul. “Karena siapa lagi yang akan mengangkat ikon daerah jika bukan kita,” tandasnya.(m2)

Click to comment
To Top