Lima Langkah Cegah Penyalahgunaan Narkoba – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Metropolis

Lima Langkah Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Rapat evaluasi kebijakan strategi nasional pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di salah satu hotel kota Kendari, kemarin.

KENDARI – Guna mencegah maraknya peredaran narkoba di Kota Kendari, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari mengadakan rapat evaluasi mengenai Kebijakan Strategis Nasional (Jakstranas) Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Same Hotel, Rabu (6/12).

Alamsyah Lotunani selaku Sekretaris Kota Kendari dalam sambutannya mengungkapkan, ada lima langkah yang perlu di lakukan didalam pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Pertama harus proktetif, jadi kita berusaha untuk membuatkan rambu-rambu agar masyarakat tidak terlibat narkoba misalnya membuat peraturan daerah, kedua preventif kita sosialisasikan nama-nama jenis narkoba dan disosialisasikan keberbagai institusi kepemerintahan, dunia usaha dan organisasi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, kata Alamsyah, yang ketiga yakni kuratif, artinya ketika terjadi korban, harus dilakukan pembinaan. Kemudian, keempat rehabilitasi kepada masyarakat yang sudah terjadi korban akan di rehabilitasi oleh pihak BNN dan kelima represif, yakni harus banyak mencari potensi-potensi pengguna dimana saja dan harus turun lapangan.

“BNN, kepolisian dan kesehatan tentu beda datanya tetapi yang paling akurat itu dari BNN karena mereka langsung turun lapangan. Jadi, langkah-langkah itu yang harus kita lakukan agar masyarakat tidak terkena dari dampak bahaya narkoba,” ungkapnya, Rabu (6/12).

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari, Murniati mengatakan, akan mengevaluasi kembali implementasi dari pada kebijakan. Olehnya itu, ia berharap dengan kebijakan tersebut, semua instansi bisa melakukan kegiatan program P4GN.

“Ini kegiatan evaluasi dan ada beberapa SKPD yang sudah melakukan kegiatan ini. Kami dari BNN mengevaluasi, kemudian kami yang memberi poin karena memang ada rumusnya , ada indikator yang kami gunakan.

Lanjutnya, setelah diberikan point, pihaknya turun monitoring dan mengevaluasi dan membuat dalam satu rumus.

“Kami berharap kedepannya, agar semua instansi wajib terus menggalakkan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), guna memerangi dan menghabiskan penyalahgunaan narkoba khususnya Kota Kendari,” cetusnya.

Adapun tujuan program P4GN, kata Murniati, adalah untuk menekan angka prevalensi penyalahgunaan narkotika, khususnya di kelompok anak-anak, remaja, pelajar, dan mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa. (p11/p/b/alp)

 

Click to comment
To Top